Notification

×

Iklan

Iklan

Dosen PG PAUD FKIP Uhamka berikan Pelatihan Pengelolaan Lembaga terhadap PAUD ‘Aisyiyah

Sabtu, 24 Juli 2021 | Sabtu, Juli 24, 2021 WIB | Last Updated 2021-07-24T12:25:02Z


Serambiupdate.com Pimpinan Pusat Aisyiyah (PPA) Majelis Dikdasmen saat ini membina PAUD-PAUD Aisyiyah menghadapi tantangan tidak ringan berupa kemajuan revolusi industri 4.0, hadirnya berbagai layanan pendidikan anak usia dini baik umum, berbasis agama, maupun Internasional yang menawarkan berbagai fasilitas, sumberdaya yang lengkap, kurikulum kreatif, dan responsif terhadap perkembangan zaman, serta kondisi pandemi Covid-19 yang mengakibatkan sekolah harus melakukan penyesuaian secara mendadak dalam pengelolaan. Oleh karena itu, tim pengabdian masyarakat Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA membantu memberikan solusi dengan memberikan pelatihan manajemen pengelolaan kepada Kepala Sekolah dan Guru PAUD Aisyiyah binaan PPA Majelis Dikdasmen.

 

Pelatihan ini disampaikan oleh tim pengabdian masyarakat Uhamka yaitu Dr Chandrawatya MPd dan Khusniyati Masykuroh MPd selaku dosen program studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan Uhamka atas kerjasama LPPM Uhamka pada tanggal 23- 28 Juni 2021.

 

Pelatihan ini terlaksana secara daring melalui zoom meeting yang dihadiri oleh Ketua PP Aisyiyah Prof Dr Masyitoh Husnan Mag, Ketua Pimpinan Wilayah Aisyiyah Provinsi Banten dan diikuti oleh 75 Kepala Sekolah dan Guru PAUD Aisyiyah di wilayah Provinsi Banten.

 

Khusniyati Masykuroh menuturkan, “kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan PAUD Aisyiyah yang berkualitas, maka kepala sekolah harus mampu mampu mengelola lembaganya dengan melakukan analisis kekuatan, kelemahan, kesempatan, dan ancaman serta mampu memberdayakan seluruh daya dukung untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan,” ujarnya.

 

Demi tercapainya tujuan yang diharapkan oleh tim PkM maka diberikan pengetahuan mengenai standar pengelolaan untuk mewujudkan pengelolaan PAUD Aisyiyah yang berkualitas denga melakukan diskusi dan tanya jawab serta memberikan kesempatan kepada peserta untuk meningkatkan keterampilan dengan membuat rancangan pengelolaan di PAUD Aisyiyah masing-masing.

 

Tim Pkm berharap, melalui pelatihan ini peserta mampu mewujudkan PAUD Aisyiyah berkualitas dengan terampil menjalankan fungsi manajemen sekolah dalam Standar Pencapaian Perkembangan Anak, Standar Isi, Standar Proses, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Pengelolaan, Standar Sarana Prasarana, Standar Pembiayaan, dan Standar Penilaian.

×
Berita Terbaru Update