Notification

×

Iklan

Iklan

Rektor Uhamka Apresiasi Peluncuran Buku Berbahasa Asing dengan Judul Communication Technology and Society, Exploring the Multicultural and Digital World

Rabu, 02 November 2022 | Rabu, November 02, 2022 WIB | Last Updated 2022-11-02T08:04:23Z


Serambiupdate.com
- Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (FISIP Uhamka) berkesempatan untuk menggelar acara peluncuran dan bedah buku Communication Technology and Society, Exploring the Multicultural and Digital World secara virtual melalui aplikasi Zoom meeting dan siaran langsung di akun Youtube Ilmu Komunikasi FISIP Uhamka, Rabu (2/11).

 

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Prof Gunawan Suryoputro selaku Rektor Uhamka, Telly Corliana selaku Dekan FISIP Uhamka, Nurlina Rahman selaku Wakil Dekan I FISIP Uhamka. Kemudian hadir juga penulis buku dan narasumber diantaranya Prof Deddy Mulyana (Guru Besar FIKOM UNPAD), Devie Rahmawati (Vokasi UI), Nik Norma Nik Hasan (Universiti Sains Malaysia), Sri Seti Indriani (FIKOM UNPAD), Kadri (UIN Mataram, NTB).

 

Tellys Corliana selaku Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) mengucapkan selamat kepada Prof Deddy Mulyana dan para penulis lainnya atas Peluncuran Buku Communication Technology and Society, Exploring the Multicultural and Digital World yang juga dikirimkan kepada pihak FISIP Uhamka lengkap dengan tanda tangannya sehingga ia berharap buku tersebut dapat memberikan banyak manfaat serta menjadi kontribusi dalam perkembangan zaman.

 

“Penulisan literatur dan karya sastra tersebut telah berkontribusi dalam perkembangan zaman secara universal. Oleh karena itu, pengetahuan yg dibukukan ini konon dapat mempengaruhi perkembangan zaman untuk 10 hingga 1 generasi ke depan. Kemudian, penulisan buku dalam bahasa Inggris bukanlah sesuatu yang baru tetapi masih sangat jarang dijumpai dan ditulis oleh para penulis terutama buku dari para ahli yang ada di Indonesia. Dalam hal ini, saya merasa bahwa buku dengan berbahasa Internasional tersebut tidak hanya akan dipahami oleh satu negara saja tetapi juga oleh seluruh negara di dunia pun dapat mengakses dan membacanya. Maka dari itu, faktor utama penghambatnya adalah pertimbangan pasar yaitu para pembaca yang tidak secara umum menggunakan bahasa Inggris yang jika dicermati, buku-buku bahasa Inggris tersebut justru dapat memperluas cakupan pemasaran,” ujar Tellys.

 

Kemudian, dilain pihak Prof Gunawan selaku Rektor Uhamka  dalam sambutannya dan sekaligus membuka acara ini menyampaikan bahwa ini merupakan suatu kebahagiaan untuk Uhamka khususnya untuk FISIP Prodi ilmu komunikasi yang mendapatkan kesempatan untuk menyelenggarakan peluncuran dan bedah buku.

 

“Hari ini pasti membahagiakan bagi FISIP Uhamka, terkhusus Prodi Ilmu Komunikasi di yang akan menyelenggarakn bedah buku Communication Technology and Society, Exploring the Multicultural and Digital World  dengan penggunaan bahasa Inggris. Tidak hanya bebahasa asing namun, isensi konten dari buku ini, kalau kita lihat dari topiknya sangat kekinian dan membahas isu-isu terkini terkait bidang komunikasi. Saya juga sepakat bahwa buku ini nantinya dapat dibaca, dilihat dan dipelajari oleh bangsa-bangsa lainnya. Kemudian teori-teori yang di review dalam buku ini tentu sangat bermanfaat juga bagi para dosen dan mahasiswa untuk menindaklanjuti penelitian-penelitian yang nanti disarankan dari penulis-penulis buku ini,” tutur Prof Gunawan.

 

Pada kegiatan peluncuran dan bedah buku ini telah mendapatkan testimoni yang telah di-review oleh para ahli luar negeri, diantaranya Julian Millie Professor of Indonesian Studies (Monash University, Australia) mengatakan melalui buku ini, Profesor Deddy Mulyana dan Dr. Devie Rahmawati berhasil membahas beberapa isu terpenting di zaman ini. Mereka mengungkapkan kompleksitas kehidupan di era mediatisasi yang terus meningkat.

 

Kemudian testimony berikutnya oleh Djamila Hess (Erfurt University, Gemany) yang mengatakan, buku ini sangat mengesankan. Buku ini menawarkan wawasan yang menarik ke dalam berbagai bidang penelitian komunikasi saat ini. Saya percaya bahwa beragam topik dan pendekatan yang tercakup dalam buku ini memberikan dorongan yang menarik terutama untuk penelitian transnasional dan internasional.

×
Berita Terbaru Update