Notification

×

Iklan

Iklan

Prof Meyliana: Binus Hadir di Nusameta guna Sambut Pendidikan Tinggi di Metaverse

Rabu, 23 November 2022 | Rabu, November 23, 2022 WIB | Last Updated 2022-11-23T03:33:44Z

 


Serambiupdate.com
- Universitas Bina Nusantara (Binus) mulai meningkatkan pendidikan di Metaverse dengan hadir di Nusameta, yakni dunia virtual yang diluncurkan Indonesia pada ajang KTT G20 dan B20 di Bali pada pertengahan November lalu.

 

“Kami menjadi universitas pertama di Indonesia yang hadir di Nusameta sehingga ini merupakan tahap awal dari kehadiran pendidikan tinggi di Metaverse,” ujar Prof Meyliana selaku Vice Rector Global Employability and Entrepreneurship Universitas Binus di Jakarta, Selasa.

 

Ia mengatakan bahwa setidaknya terdapat tiga komponen teknologi yang menunjang terciptanya ekosistem Metaverse. Pertama, Virtual Reality (VR) atau Augmented Reality (AR) yang memiliki dampak seolah-olah nyata, baik secara lingkungan maupun waktu. Kedua, Desain 3D yang merupakan penggabungan benda-benda tidak nyata atau maya yang diproyeksikan. Ketiga, infrastruktur ABCD terdiri atas Artificial Intelligence (AI)Block ChainCloud Computing, dan data. Dalam hal ini, Block Chain dimanfaatkan sebagai media transaksi jual beli.

 

Dalam proyek teknologi tersebut, Binus membagi tim menjadi tiga bagian, yakni pembuat story board, 3D desain, dan imersif teknologi yang tim tersebut merupakan gabungan dari 10 orang dosen dan 15 orang mahasiswa.

 

Dengan demikian, perguruan tinggi di dunia mulai menerapkan pendidikan di Metaverse karena pembelajarannya dinilai lebih menyenangkan bagi mahasiswa serta konsep pembelajaran dalam Metaverse pun sangat menarik bagi mahasiswa.


ADP/SAN

×
Berita Terbaru Update