Notification

×

Iklan

Iklan

Permudah Metode Belajar, Dosen FAI dan FTII Ciptakan Inovasi Pembelajaran

Selasa, 15 November 2022 | Selasa, November 15, 2022 WIB | Last Updated 2022-11-15T02:54:54Z


Serambiupdate.com
- Muhammad Arifin Rahmanto Dosen Fakultas Agama Islam (FAI) dan Atiqah Meutia Hilda selaku Dosen Fakultas Teknik Industri dan Informatika (FTII) Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) lolos Inventor Produk Alat Peraga Pembelajaran yang Lolos Pendanaan Paten Kemendikbud Ristek Batch-2 gelombang I Tahun 2022.

 

Adapun judul invensi yang diinovasikan oleh Arifin adalah World of Makhorijul Huruf (WOMH) sebagai Alat Peraga Pembelajaran Baca Qur’an. Karya dari Arifin dan tim mahasiswa ini merupakan sebuah inovasi dalam bidang pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan semangat belajar peserta didik.

 

World of Makhorijul Huruf sendiri merupakan sebuah bola dunia yang diinovasikan dengan beberapa potongan huruf hijaiyah. Huruf-huruf ini dapat dibongkar pasang sesuai dengan tempat yang telah disediakan. Alat peraga ini tentu dapat memudahkan siswa untuk memahami, menghafal, dan mempraktekkan bentuk huruf hijaiyah, terutama bagi siswa inklusif yang sulit dalam mempelajari Makhorijul Huruf.

 

Arifin mengungkapkan bahwa Ini merupakan upayanya dalam memberikan kemudahan bagi peserta didik untuk memahami dan melafalkan huruf hijaiyah dengan baik melalui pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Sehingga ini akan menciptakan proses pembelajaran yang aktif di dalam kelas.

 

“Alhamdulillah, ini merupakan solusi dan upaya dari kami untuk memberikan kemudahan ke sekolah dan peserta didik agar dapat mempelajari dan mempraktekkan huruf hijaiyah dengan baik melalui pembelajaran yang asyik dan menarik sehingga alat peraga ini dapat menciptakan suasana yang aktif di dalam kelas,” ujarnya.

 

Ia juga berharap agar prestasi ini dapat memberikan semangat kebaruan bagi dosen-dosen Uhamka lainnya untuk terus menciptakan inovasi yang memberikan dampak positif untuk masyarakat di luar sana.

 

“Insyaallah kami akan tetap kembangkan produk kami untuk masyarakat umum. Selanjutnya mudah-mudahan memberi dorongan dan motivasi kepada dosen-dosen lain untuk lebih berkarya dan mengembangkan inovasi berupa alat pembelajaran yang memberikan dampak positif dan manfaat bagi mitra yang membutuhkan,” tutur Arifin.

 

Dilain hal, Atiqah Meutia Hilda selaku Dosen Fakultas Teknik Industri dan Informatika (FTII) Uhamka mengusung judul “Sepatu Child Detector Protection”. Ini menunjukkan bahwa Uhamka terus berkembang untuk menciptakan inovasi yang bermanfaat untuk masyarakat.


×
Berita Terbaru Update