Notification

×

Iklan

Iklan

Pendidikan Merata dan Bermutu Dapat Dicapai Melalui Kualitas SDM Unggul

11 November 2022 | Jumat, November 11, 2022 WIB | Last Updated 2022-11-11T03:59:47Z


Serambiupdate.com Muhadjir Effendy selaku Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) mengatakan melalui layanan pendidikan yang merata dan bermutu, kualitas sumber daya manusia dapat terus meningkat.

 

"Kualitas SDM yang unggul dapat dicapai melalui layanan pendidikan yang merata dan bermutu sehingga memiliki kompetensi yang tinggi dan mampu bersaing dengan negara-negara lain," tutur Muhadjir Effendy, Sabtu (5/11).

 

Menko PMK mengungkapkan, salah satu agenda penting Pembangunan Nasional 2020-2024 adalah peningkatan kualitas manusia Indonesia. "Untuk meningkatkan kualitas SDM maka layanan pendidikan dan layanan kesehatan perlu diperkuat agar kualitas hidup manusia Indonesia meningkat," ujarnya.

 

Menurutnya, indikator peningkatan kualitas SDM ditandai tidak hanya dengan kecerdasan dan keterampilan namun didukung juga dengan kondisi kesehatan dan fisik yang tangguh.

 

Muhadjir juga menyampaikan, pembangunan SDM unggul merupakan kelanjutan dari prioritas pembangunan infrastruktur yang telah dilakukan pemerintah selama lima tahun terakhir.

 

"Pembangunan infrastruktur dan peningkatan kualitas SDM diharapkan akan menumbuhkan dan memperkuat ekonomi nasional," katanya.

 

Dirinya juga menambahkan, pembangunan SDM membutuhkan waktu dan proses yang panjang yang dimulai dari penyediaan layanan kesehatan sejak 1.000 hari pertama kehidupan.

 

"Selain itu juga adanya jaminan kesehatan dan pendidikan bagi anak usia dini, penyelenggaraan pendidikan dasar, menengah dan tinggi," tuturnya

 

Selain itu dirinya menjelaskan bahwa pemerintah juga melakukan upaya untuk menyediakan modal kecakapan hidup bagi penduduk usia produktif agar mereka dapat membentuk keluarga yang berkualitas serta menyediakan layanan bagi kelompok lanjut usia.

 

"Berbagai program dan kebijakan itu diharapkan dapat menciptakan tatanan masyarakat yang ideal sehingga generasi berikutnya yang lahir juga meningkat kualitasnya," katanya.

DYL_RPH

=