Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa Farmasi Uhamka Lakukan PKKM diberbagai Tempat Magang

Jumat, 25 November 2022 | Jumat, November 25, 2022 WIB | Last Updated 2022-11-25T08:56:42Z






Serambiupdate.com Mahasiswa Fakultas Farmasi dan Sains Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (FFS Uhamka) melaksanakan PKKM (Program Kompetisi Kampus Merdeka) di beberapa tempat yang sesuai dengan kegiatan mahasiswa farmasi seperti di apotek, industri farmasi, rumah sakit, BPOM, balai POM, dan BRIN dengan total mahasiswa yang mengikuti magang sebanyak 60 mahasiswa.

 

Pelaksanaan kegiatan magang di BRIN dilaksanakan selama sebulan pada bulan September 2022. Jumlah mahasiswa yang melaksanakan magang di BRIN sebanyak 12 mahasiswa dan ditempatkan di 4 laboratorium di bawah PR BBOT (Pusat Riset Bahan Baku Obat dan Obat Tradisional). Laboratorium tersebut meliputi: laboratorium kimia, CPOTB, LAPTIAB, dan Bioteknologi. Setiap mahasiswa magang di BRIN yang ditempatkan diberikan tugas khusus yang berkaitan dengan tema penelitian farmasi seperti sintesis bahan obat, dan isolasi senyawa obat  dari bahan alam.

 

Prof Jamilah selaku pembimbing BRIN mengatakan  agar kegiatan ini bisa dilakukan secara berkala. Ia juga berharap kerjasama ini dapat berkelanjutan.

 

“Kerjasama ini sangat baik untuk Uhamka maupun pihak BRIN. Saya berharap kegiatan magang ini bisa berjalan dengan baik dan secara berkala dengan masa magang yang lebih lama,” tutur Prof Jamilah.

 

Selain BRIN, 10 mahasiswa Farmasi Uhamka juga melaksanakan magang di RSUP Fatmawati pada bulan Oktober dan November 2022. Mahasiswa mendapatkan pengalaman dalam manajemen instalasi farmasi rumah sakit, pelayanan farmasi di rawat inap maupun rawat jalan, KIE dan dispensing obat yang dipandu oleh apoteker penanggung jawab Instalasi Farmasi Rumah Sakit (IFRS) Fatmawati ialah Apt. Magdalena.

 

Dua mahasiswa Farmasi Uhamka juga merasakan magang di industri kosmetik ternama yaitu PT Martina Berto yang berlokasi di Kawasan industry Pulogadung Jakarta Timur. Mahasiswa ditempatkan di bagian Quality control (QC) dan Research and Development(R&D). Mereka mendapatkan wawasan dan melihat secara langsung proses pengembangan produk kosmetik seperti lipstick, bedak, lotion dan perawatan rambut. Proses pengujian dan pengawasan mutu produk juga dikenalkan oleh Manager QC Ibu Devi Djunardy kepada mereka sehingga mahasiswa mempunyai gambaran salah satu pekerjaan atau tugas dari lulusan farmasi di dunia kerja nantinya.

×
Berita Terbaru Update