Notification

×

Iklan

Iklan

Dosen Pekom Uhamka Lestarikan Lingkungan Melalui Design Thinking Pemberdayaan UMKM di Cilengsi

Rabu, 16 November 2022 | Rabu, November 16, 2022 WIB | Last Updated 2022-11-16T03:40:42Z


Serambiupdate.com
 - Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam sejarahnya memiliki peranan penting untuk percepatan pemulihan ekonomi. 

Purnama Syaepurohman, dan Sugiono selaku Dosen Program Studi Pendidikan Ekonomi melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat yang menyasar pada usaha mikro kecil dan menengah yang tergabung dalam Komunitas Ramah Lingkungan (KRL) di Desa Cilengsi, Kecamatan Cilengsi, Kabupaten Bogor, Minggu (13/11).


Pada kegiatan pengabdian masyarakat ini juga melibatkan mahasiswa aktif semester 7 dari Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr Hamka yang sedang mencari data dan observasi penelitian tugas akhir (tahap pra penelitian) yaitu Mega Syifa, Erika, dan Liya Khamidah.


Dari kegiatan ini diharapkan UMKM dapat membaca peluang permodalan dari lembaga keuangan yang resmi dan dapat melakukan pembukuan dengan baik, sehingga arus permodalan dan kas dapat tercatat dengan baik.


"Banyaknya UMKM yang belum melakukan pencatatan keuangan dengan rapih. Merupakan tujuan diharapkannya kegiatan ini untuk dapat melakukan pembukuan dengan baik, juga para UMKM dapat memisahkan nama keuangan usaha dan mana keuangan untuk pribadi," ujar Purnama Syaepurohman.


Ada pula materi mengenai perizinan usaha, karena sering adanya kekeliruan dalam menggunakan merk dagang yang dapat menjerat UMKM ke ranah hukum. Maka perlu diberikan edukasi tentang perizinan baik pengurusan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) Sederhana, SIUP, Pengajuan Sertifikasi Halal dan BPOM. 


Sugiono berharap agar kedepannya UMKM sudah dapat go internasional dengan di lengkapi syarat administrasi UMKM, ”Saya berharap untuk UMKM kedepannya bisa go internasional dengan lengkapnya syarat administrasi yang dimiliki oleh UMKM," tuturnya.


Konsep design thinking ini menjadi bagian dalam mendengarkan kekurangan yang ada di dalam UMKM. Design thingking dalam pengabdian kepada masyarakat memiliki lima tahapan yaitu empati terhadap kondisi yang ada di lapangan, mendefinisikan masalah yang akan dipecahkan, kemudian membuat ideasi lalu prototip untuk pemecahan masalah yang disodorkan, dan terakhir tes atau pengujian solusi yang ditawarkan tersebut. 


Dan dengan turunnya mahasiswa dalam pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memperkuat wawasan tentang UMKM dan menambah literasi tentang kondisi terkini yang ada pada UMKM. Dengan demikian akan membuka perspektif bagaimana untuk meningkatkan UMKM sebagai ujung tombak pemberdayaan masyarakat.

×
Berita Terbaru Update