Notification

×

Iklan

Iklan

Wujud Gerakan Merdeka Belajar Banyak Transformasi di Dunia Pendidikan

Senin, 31 Oktober 2022 | Senin, Oktober 31, 2022 WIB | Last Updated 2022-10-31T07:09:15Z


Serambiupdate.com Nadiem Makarim selaku Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek)  menyatakan, gerakan merdeka belajar sudah meluncurkan 22 episode kebijakan yang kini telah memasuki tahun ketiga. Episode-episode tersebut, kata dia, telah banyak menghasilkan transformasi besar di dunia pendidikan, khususnya di perguruan tinggi.

 

"Sejauh ini sudah ada 123.000 mahasiswa dari 2.600 perguruan tinggi di Indonesia yang mendapatkan pengalaman belajar di luar kampus dan lebih dari 2.700 mitra industri yang telah berpartisipasi dalam program-program MBKM. Ke depan, tentunya kita harus makin menguatkan kolaborasi yang berjalan baik ini," ujar Nadiem dalam keterangan pada,  Jumat (28/10).

 

Dirinya berpendapat, program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) telah mengubah cara belajar mahasiswa. Yang sebelumnya terbatas mendengarkan kuliah di ruang kelas menjadi petualangan di dunia nyata dengan tantangan-tantangan yang melatih kemampuan mahasiswa untuk berpikir kritis dan kreatif dalam memecahkan masalah.

 

Hal itu ia sampaikan dalam acara pelantikan pemimpin dan pimpinan perguruan tinggi negeri, pejabat pimpinan tinggi pratama, administrator, pengawas, dan pejabat fungsional di lingkungan Kemendikbudristek. Pada kesempatan itu, Nadiem berpesan pada pimpinan perguruan tinggi negeri yang dilantik untuk semakin mendorong transformasi pendidikan di kampus masing-masing.

 

"Hilangkanlah sekat-sekat yang membatasi kolaborasi antara para mahasiswa dan dosen dan kita mendapatkan kesempatan besar dalam berinovasi," tuturnya Nadiem.

 

Kegiatan pelantikan itupun dihadiri oleh Akhmad Fauzi sebagai Rektor Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Abdunnur sebagai Rektor Universitas Mulawarman, Marwansyah sebagai Direktur Politeknik Negeri Bandung, Riyadi Purwanto sebagai Direktur Politeknik Negeri Cilacap, Oyok Yudiyando sebagai Direktur Politeknik Negeri Subang, dan Ilyas Mansyur sebagai Direktur Politeknik Negeri Ujung Pandang.

 

Mendikbudristek juga berpesan kepada Murhadi yang dilantik sebagai Wakil Rektor Bidang Akademik, Universitas Lampung. "Selalu tekankan kepada seluruh warga kampus tentang pentingnya menjaga integritas akademik perguruan tinggi sebagai nilai mendasar dari moralitas keilmuan dan tata kelola akademik yang akuntabel dan objektif," ujarnya. 

 DYL_RPH

×
Berita Terbaru Update