Notification

×

Iklan

Iklan

Tak Ingin Identitas Bangsa Hilang, BPIP Sampaikan Urgensi Pendidikan Pancasila

Senin, 03 Oktober 2022 | Senin, Oktober 03, 2022 WIB | Last Updated 2022-10-03T04:41:21Z


Serambiupdate.com Pendidikan Pancasila penting untuk diajarkan di semua jenjang dan jalur pendidikan karena adanya tantangan global dan ancaman hilangnya identitas bangsa. Hal tersebut disampaikan Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Dr. Drs. Karjono, mewakili Kepala BPIP Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi dalam Kongres AGPAII Ke-4 di gedung UPI Convention Centre, Padang, Sumatera Barat, sabtu (1/10).

 

Menurutnya hal itu menjawab tentang Standar Nasional Pendidikan, melalui PP 4 Tahun 2022 yang mengembalikan Pendidikan Pancasila sebagai mata ajar dan mata kuliah wajib.


"Peran Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII) sangat diperlukan sebagai benteng religius NKRI,” ujarnya. 

 

Selanjutnya, Karjono memberikan apresiasi atas deklarasi AGPAII, dengan menyatakan dan menegaskan Nilai-Nilai Islam Rahmatan Lil Alamin, Mempertahankan NKRI Berdasarkan Pancasila dan UUDNRI 1945, dan teladan dalam menerapkan Nilai Nilai Pancasila di sekolah dan di masyakakat.


"Kami juga mengapresiasi Ketua Umum AGPAII, yang tidak lain Manhan Marbawi Plt. Kepala Pusat dan Informasi BPIP,” ujarnya

 

Dirinya memaparkan BPIP telah menyiapkan 15 bahan ajar Pancasila mulai PAUD sampai dengan Perguruan Tinggi, dengan menindak lanjuti PP 4 Tahun 2022 tentang Standar Nasional Pendidikan. "Mata ajar itu juga telah dilaunching sebagai mata ajar dan mata kuliah wajib oleh Mendikbud pada saat Peringatan Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2022 lalu di Ende, Nusa Tenggara Timur,” katanya.

 

Dr. Drs. Karjono berharap, guru agama di seluruh Indonesia untuk selalu berpegang teguh pada Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945, Berbhineka tunggal Ika, dan menjaga persatuan dan kesatuan NKRI. "Guru agama merupakan tulang punggung pendidikan, pahlawan tanda jasa, agen perubahan masyarakat yang strategis," ujar dia. 

 

Dalam kesempatan yang sama Ketua Umum AGPAII, Mahnan Marbawi mengapresiasi BPIP dan para peserta Kongres.


Plt. Kepala PUSDATEKIN BPIP itu juga mengaku AGPAII selalu siap menjaga, membumikan dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dan menjadi garda terdepan. "Kami dari AGPAII selalu siap dan komitmen menjadi garda terdepan untuk Pancasila", ujar dia.

DYL_RPH

 

×
Berita Terbaru Update