Notification

×

Iklan

Iklan

Siapkan Pendidikan yang Berkualitas, Tim Medical Education Unit (MEU) Fakultas Kedokteran Uhamka Gelar Pelatihan Untuk Dosen Penanggung Jawab Mata Kuliah

Selasa, 18 Oktober 2022 | Selasa, Oktober 18, 2022 WIB | Last Updated 2022-10-18T04:54:58Z


KORAKAMPUS.COMFakultas Kedokteran (FK) Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) mengadakan Pelatihan Penanggung Jawab (PJ) Mata Kuliah Blok, Non Blok dan Suporting System. Pelatihan ini digelar secara hybird di Mini Teater FK Uhamka dan melalui ZoomMeeting, Sabtu (15/10).

Pelatihan ini digawangi oleh Tim Medical Education Unit (MEU) dan diikuti oleh para dosen yang menjadi penanggung jawab blok maupun penanggung jawab non-blok, serta dibantu dengan tenaga pendidik sebagai penanggung jawab akademik.


Para dosen yang menjadi penanggung jawab akan didampingi oleh tim MEU selama proses pembelajaran berlangsung agar terciptanya timbal balik yang baik antara dosen dan tim medical education unit demi kelancaran proses pendidikan di fakultas kedokteran uhamka. Pada pelatihan ini, tim MEU fokus pada alur koordinasi pengumpulan soal, persiapan buku blok dan buku praktikum juga template pembuatan soal ujian dari dosen penanggung jawab yang melibatkan Tim MEU dan juga tenaga pendidik. Tim MEU juga mengundang Pakar Pendidikan Kedokteran, yaitu dr. Oktarina, yang memberikan materi mengenai pembuatan skenario tutorial blok.


Dekan FK Uhamka, dr. Wawang S Sukarya mengungkapkan memberikan arahan untuk tetap senantiasa bersinergi mewujudkan FK Uhamka lebih baik. Terlebih adanya tuntutan untuk dapat mendirikan prodi pendidikan dokter spesialis kedepannya, maka dibutuhkan kerjasama dan usaha dari setiap elemen di FK Uhamka. Selain itu, FK Uhamka perlu menciptakan proses pembelajaran yang menunjang bagi mahasiswa dan juga menjadi proses pembelajaran yang berkualitas.


“Kedepannya, kita dituntut untuk mendirikan prodi dokter spesialis. Maka, kita membutuhkan kerjasama dan sinergi di setiap elemen di Fakultas ini. Selain itu, kita perlu membuat proses pembelajaran yang mendukung bagi mahasiswa agar terciptanya proses pembelajaran yang berkualitas,” ujarnya.


dr. Rizka Aries Putranti selaku Ketua Medical Education Unit Fakultas Kedokteran Uhamka berharap pelatihan ini dapat membangun kolaborasi yang baik dari semua pihak yang terlibat agar dapat meningkatkan optimalisasi pada pengalaman belajar siswa.


 “Saya berharap dengan adanya pelatihan ini bisa terjalin hubungan yang baik antara dosen yang menjadi penanggung jawab dengan tim medical education unit, tendik, dan suporting system akademik yang lain guna mengoptimalkan pengalaman belajar mahasiswa,” Ujar dr. Rizka Aries Putranti.


Seorang peserta menyampaikan “Acara ini sangat barmanfaat bagi saya selaku PJ Blok, saya lebih memahami tupoksi saya secara keseluruhan, serta memahami alur kerja saya dengan baik. Saya harap acara ini dapat dilaksanakan setiap tahun mengingat setiap tahun aka ada pergantian penanggung jawab mata kuliah blok,”

×
Berita Terbaru Update