Notification

×

Iklan

Iklan

Penetapan DIY Jadi Model Satuan Pendidikan Aman Bencana Guna Wujudkan Lingkungan Belajar Aman Bagi Anak

Kamis, 20 Oktober 2022 | Kamis, Oktober 20, 2022 WIB | Last Updated 2022-10-20T11:47:42Z


Serambiupdate.com Penetapan Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai provinsi model Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) oleh Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia) untuk mewujudkan lingkungan belajar yang aman bagi anak.

 

"Untuk mendukung terciptanya lingkungan belajar yang aman bagi anak maupun ekosistem satuan pendidikan di Yogyakarta dan daerah lainnya dibuatlah Pengembangan provinsi model SPAB ," ujar Dini Widiastuti selaku Direktur Eksekutif Plan Indonesia, usai peluncuran Program Provinsi Model SPAB di Yogyakarta, Selasa.

 

Menurut Dini, Yogyakarta dipilih karena telah memiliki sumber daya awal yang memadai untuk pengembangan provinsi model SPAB.

 

Modal yang dimiliki Yogyakarta, kata dia, mulai dari  anggaran, regulasi, serta fasilitas lokal yang dapat dikembangkan sehingga anak, perempuan dan penyandang disabilitas aman saat belajar di sekolah.

 

"Melalui Program SPAB, Plan Indonesia akan berfokus di beberapa bidang, termasuk pengembangan indikator provinsi model SPAB yang akan direplikasi ke provinsi lain, penguatan keterlibatan kaum muda pada implementasi dan monitoring SPAB, hingga penguatan kapasitas sekretariat bersama SPAB," ujarnya

 

Ia mengatakan, selama program tersebut kapasitas guru dan tenaga pendidik di 84 SMA, 100 orang dari organisasi kepemudaan, 200 fasilitator dan 84.000 penerima manfaat tidak langsung bakal ditingkatkan hingga 2025.

 

Didik Wardaya selaku Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga DIY  mengatakan program Plan Indonesia sesuai dengan tujuan DIY dalam implementasi SPAB.

 

DYL_RPH

×
Berita Terbaru Update