Notification

×

Iklan

Iklan

Media Sosial dan Remaja

Minggu, 23 Oktober 2022 | Minggu, Oktober 23, 2022 WIB | Last Updated 2022-10-23T04:15:00Z

 




 Oleh : Nabilatul Mardiah

Mahasiswa FEB Uhamka



Media sosial adalah sebuah media online yang memberikan fasilitas kepada penggunanya untuk dapat berinteraksi, berbagi informasi terkait suatu hal, dan menciptakan suatu konten. Media sosial yang sering digunakan oleh kalangan remaja saat ini yaitu Instagram, twitter, tiktok, dan lain-lain. Remaja sebagai pengguna aktif media sosial sangat cepat menerima informasi yang ada di media sosial. 

Media sosial memberikan dampak di kalangan remaja baik positif maupun negatif. Dampak positifnya yaitu mereka mendapat banyak teman, berbagi informasi dengan cepat dan memudahkan dalam berkomunikasi dengan saudara dan teman yang jaraknya jauh. Sedangkan dampak negatifnya yaitu mereka sulit berinteraksi dengan lingkungan baru, menjadi seorang yang individual karena mereka beranggapan bahwa dengan adanya media sosial mereka tidak membutuhkan teman untuk bicara dan mudah tersinggung dengan perkataan orang lain. Media sosial tidak akan pernah lepas dari pengaruh positif dan negatifnya serta dampak itu tergantung bagaimana si pengguna menyikapinya.

Sejak media sosial ini ada sebagian besar di kalangan remaja hanya menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengunjungi situs yang ada di media sosial tersebut. Dengan kemudahannya, semua hal bisa diketahui melalui media sosial. Media sosial yang terbukti efektif dalam memberikan kontribusi besar bagi siapa pun yang disukai atau dibenci, positif maupun negatif, membangun atau merusak, sangat tergantung pada pemakainya. Oleh karena itu, mari kita menggunakan media sosial dengan positif, cerdas, arif dan bijaksana.

 


×
Berita Terbaru Update