Notification

×

Iklan

Iklan

Kegiatan Basic Conducting Workshop untuk Memahami Dasar Menjadi Seorang Dirigen

Rabu, 26 Oktober 2022 | Rabu, Oktober 26, 2022 WIB | Last Updated 2022-10-26T03:18:46Z


Serambiupdate.com
- Setelah menyukseskan kegiatan KTT FGM tingkat SD/MI se-Indonesia di Jakarta pada bulan Agustus 2022 lalu, Forum Guru Muhammadiyah (FGM) DKI Jakarta kembali mengadakan Workshop Pelatihan Dasar Menjadi Seorang Dirigen. Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Muhammad Charles selaku narasumber profesional yang telah melahirkan banyak prestasi di dalam maupun luar negeri, Sabtu (22/10).

 

Basic Conducting Workshop ini dilaksanakan mulai pukul 08.00-16.00 WIB di kampus Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) dan dihadiri langsung oleh guru-guru Muhammadiyah dari jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK di DKI Jakarta.

 

Pada kegiatan workshop kali ini, Muhammad Charles sesekali menampilkan permainan organ dan beberapa lagu sehingga membuat pelatihan tetap berjalan menyenangkan selama 8 jam.

 

Dalam pelatihan ini  Muhammad Charles banyak menjelaskan dasar dasar untuk menjadi seorang Dirigen, “Di awal pelatihan kita akan memperkenalkan terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan Irama dan Birama (Rythm and beat) sebagai ilmu dasar untuk menjadi seorang dirigen. Selanjutnya akan diajarkan pula bagaimana membaca sebuah lagu. Sehingga kita mengetahui diketukan keberapa lagu itu mulai dinyanyikan,” jelasnya

 

Dalam kegiatan ini peserta juga diberi pemahaman mengenai not penuh dan not gantung. Lalu akan diperlihatkan juga bagaimana gerakan tangan, ketika memulai sebuah lagu, sampai bagaimana menutup sebuah lagu.  Setelah mengikuti workshop kita menyadari bahwa selama ini banyak kesalahan yang dilakukan ketika menjadi seorang dirigen.

 

Peserta workshop sangat antusias mengikuti Basic Conducting Workshop kali ini karena banyak sekali ilmu yang bermanfaat yang bisa diterapkan disekolah dan akan diajarkan kepada peserta didik agar bisa menjadi dirigen yang baik dan benar.

 

Pelatihan dirigen menjadi penting karena setiap upacara atau kegiatan kegiatan penting lain yang mengharuskan menyanyikan lagu nasional selalu menghadirkan seorang dirigen. Dan ini merupakan ujuan di gelarnya acara Basic Conducting Workshop agar kita bisa memahami dasar-dasar menjadi seorang dirigen. Dan sekolah-sekolah Muhammadiyah bisa memiliki seorang dirigen yang baik ketika memimpin sebuah lagu.

 

Bersama Forum Guru Muhammadiyah kita menjadi guru yang islami, mencerahkan, dan berkemajuan

×
Berita Terbaru Update