Notification

×

Iklan

Iklan

Penutupan PETA Uhamka Berikan Wawasan Akademik, Kemahasiswaan dan Keislaman Kemuhammadiyahan

Sabtu, 24 September 2022 | Sabtu, September 24, 2022 WIB | Last Updated 2022-09-24T04:01:44Z


Serambiupdate.com
Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) merupakan perguruan tinggi Islam terbaik di dunia dengan akreditasi unggul. Uhamka menggelar penutupan acara PETA (Pekan Ta’aruf) dengan tema HAMKA Muda, Semangat Berprestasi untuk Indonesia Berkemajuan. Acara ini dilakukan secara hybrid melalui aplikasi zoom meeting, live streaming Youtube dan secara langsung di Aula Gedung FEB (23/9).

 

Acara penutupan PETA Uhamka ini turut dihadiri oleh Prof Gunawan Suryoputro selaku Rektor Uhamka, Abd. Rahman A. Ghani selaku Wakil Rektor I, Zamah Sari selaku Wakil Rektor II, Lelly Qodariah selaku Wakil Rektor III, Bunyamin selaku Wakil Rektor IV, Prof Abdul Mu’ti selaku Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, jajaran Wakil Dekan III se-Uhamka, jajaran Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Hamka Muda, dan stakeholder Uhamka.

 

Harinaredi selaku Wakil Dekan III Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP Uhamka) sekaligus ketua pelaksana PETA Uhamka menyampaikan laporan selama empat hari pelaksanaan kegiatan PETA Uhamka bahwa para Dekan fakultas dan Wakil Dekan fakultas di hari kedua dan ketiga memberikan wawasan terkait akademik, kemahasiswaan dan keislaman Kemuhammadiyahan.

 

“Semoga Hamka Muda mendapat gambaran umum terkait visi misi uhamka selama dua hari kemarin. PETA ini ada membentuk keluarga baru. Kemudian mahasiswa abad 21 harus aktif, kritis,kreatif, inovatif, mencetak prestasi dan memberikan kontribusi untuk bangsa dan negara. Semoga PETA Uhamka memberikan kesan positif untuk kita semua,” tutur Hari.

 

Muhammad Ilham Nurulillah selaku Presiden Mahasiswa Uhamka periode 2021-2022, mengucapkan selamat datang kepada Hamka muda dan Mahasiswa PMM-DN tahun 2022.

 

“Selamat datang sekali lagi di kampus tercinta kita Uhamka untuk Hamka Muda dan juga para mahasiswa yang melakukan program pertukaran pelajar dari berbagai universitas di seluruh Indonesia,” ujar Ilham.

 

Pada penutupan PETA Uhamka, Uhamka juga menghadirkan Prof Abdul Mu’ti selaku Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah sebagai narasumber dengan materi Pancasila “Darul Ahdi Wa Syahadah”.

 

“Muhammadiyah mematuhi hukum-hukum peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, serta norma-norma sosial yang berlaku. Hal ini supaya tidak bertentangan dengan Agama Islam dan membawa kemaslahatan dalam kehidupan bersama itulah yang dimaksud Darul Ahdi. Kemudian, Muhammadiyah sebagai bagian dari bangsa dan negara Indonesia ini berusaha untuk berbuat yang terbaik, berusaha untuk menghadirkan Agama Islam Rahmatan Lil Alamin  dan menghadirkan Islam yang berkemajuan untuk  mewujudkan Indonesia yang berkemajuan,” tutur Prof Mu’ti.

 

Selanjutnya, Lelly Qodariah selaku Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan menyambut ramah 66 mahasiswa dari 27 Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia yang telah memilih Uhamka dalam program Pertukaran Mahasiswa Merdeka dalam Negeri (PMM-DN) tahun 2022.

 

“Terima kasih kepada para mahasiswa yang telah memilih Uhamka dalam program PMM-DN ini. Mari kita hasilkan prestasi bersama,” ucap Lelly.

 

Kemudian, Prof Gunawan Suryoputro selaku Rektor Uhamka juga menyambut baik mahasiswa dari PMM-DN tahun 2022 sekaligus menutup acara PETA Uhamka yang telah terlaksana dengan lancar.

 

“Saya sebagai rektor mendorong dan memberikan motivasi kepada dekan fakultas untuk terus menjalankan program MBKM. Saya juga dorong dan berikan motivasi mahasiswa untuk mengembangkan soft skillnya melalui MBKM ini. Selanjutnya sebagai mahasiswa harus memiliki karakter kritis, inovasi, komunikasi, aktif, dan leadership itu penting. Pesan saya, diukur dulu kemampuan individu. Jangan sampai mengorbankan nilai atau akademik. Dan mahasiswa yang dititipkan kepada Uhamka, dekan dan wadek memberikan fasilitas sesuai kemampuan Uhamka, agar memberikan kesan yang baik,” tutur Prof Gunawan.


×
Berita Terbaru Update