Notification

×

Iklan

Iklan

P2G Desak Kemenag Siapkan Langkah Pencegahan Kekerasan di institusi pendidikan Islam

Jumat, 09 September 2022 | Jumat, September 09, 2022 WIB | Last Updated 2022-09-09T08:06:03Z

 



Serambiupdate.com 
- Kekerasan satuan pendidikan keagamaan terus terjadi berulang kali. Terbaru, kekerasan di Pondok Modern Darussalam Gontor, Ponorogo, Jawa Timur, yang membuat salah seorang santri, AM, meninggal dunia.

 

Satriwan Salim selaku Koordinator Nasional Perhimpunan dan Pendidikan Guru (P2G), menyambut baik langkah cepat Kementerian Agama (Kemenag) mengirim tim untuk mengusut kejadian tersebut. P2G berharap Kemenag mengambil langkah preventif jangka panjang, bukan hanya tindakan reaktif.

 

"Untuk mencegah kekerasan lain disatuan pendidikan agama. Kita sudah jenuh dan terus mengelus ada, kasus kekerasan mengapa terus terjadi di satuan pendidikan? Ini hendaknya menjadi evaluasi bersama," tutur Satriwan.

 

Satriwan juga meminta polisi mengusut tuntas kejadian tersebut. Ia tidak ingin Pesantren terluka karena kekerasan Gontor di Pesantren.

 

"P2G telah meminta polisi untuk mengusut tuntas akar kejadian dengan seadil-adilnya. Tolong jangan sampai kejadian ini merusak nama baik Pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam dan membuat masyarakat semakin curiga bahkan menghindar dari Pesantren," ujar Satriwan.

 

P2G juga telah meminta pihak Pondok Pesantren Gontar untuk mengusut tuntas insiden kekerasan tersebut. Ia meminta pimpinan Gontor tak menutup-nutupi kasus itu.

 

Satriwan juga meminta pengasuh ponpes mengevaluasi sistem pengkaderan organisasi siswa, pengawasan keamanan, dan aturan tata tertib di pesantren. Sebab, kekerasan dilakukan sesama santri.

 

(ADP)

×
Berita Terbaru Update