Notification

×

Iklan

Iklan

Kolaborasi Indonesia dengan Jepang Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Senin, 05 September 2022 | Senin, September 05, 2022 WIB | Last Updated 2022-09-05T02:09:33Z



Serambiupdate.com Indonesia melalui Universitas Brawijaya (UB) dan Jaringan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (IdREN) telah sepakat untuk bekerja sama dalam pengoperasian dan pengembangan jaringan 100 Gbps untuk kegiatan penelitian dan pendidikan dengan Jepang melalui Artery Education and Research Asia-Pacific ( ARENA-PAC).

 Kesepakatan tersebut ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) pada Rabu malam (31/8)  di sela-sela  Pertemuan Para Menteri Ekonomi Digital  (DEMM) G20 di Bali.


 Penandatanganan kerjasama tersebut didukung oleh Johnny G. Plate selaku Menteri Komunikasi dan Informatika dan Kono Taro selaku Menteri Transformasi Digital Jepang. Turut hadir Dubes RI untuk Jepang Heri Akhmadi dan Prof. Tjitjik Srie Tjahjandaria selaku Sekretaris Dikti, Ristek.


 Jaringan ARENA-PAC 100 Gbps  menghubungkan IDREN ke UB sebagai gateway, melalui Guam  ke Tokyo dan  ke beberapa lokasi lainnya.


 Jaringan ini merupakan langkah maju yang besar bagi Indonesia, dengan kecepatan 100 kali lebih cepat dari jaringan yang menghubungkan Indonesia dengan jaringan pendidikan dan penelitian global saat ini, dengan gateway berlokasi di ITB.


 Dengan jaringan ini, 82 universitas dan  lembaga penelitian berbeda yang saat ini  terhubung dengan IDREN akan dapat bertukar data lebih cepat dengan lembaga penelitian dan pendidikan lain di luar negeri dan memiliki fasilitas swasta untuk pengujian online.


 “Saya yakin jaringan berkecepatan tinggi ini akan memberikan peluang dalam pengoperasian Sarana Belajar Mandiri (MBKM),” kata Prof. Widodo selaku Rektor Universitas Brawijaya.


Menurut Widodo, jalur transmisi 100Gbps yang 100 kali lebih cepat dari REN Indonesia ke REN global kini menjadi tonggak  penting bagi UB dan lembaga penelitian dan pendidikan di Indonesia.

DYL_AND

×
Berita Terbaru Update