Notification

×

Iklan

Iklan

Uhamka Terakreditasi Unggul Jalin Sinergi dengan Dua Sekolah di Thailand

Selasa, 02 Agustus 2022 | Selasa, Agustus 02, 2022 WIB | Last Updated 2022-08-02T02:44:43Z


Serambiupdate.com
- Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) sebagai perguruan terakreditasi Unggul turut mengadakan kunjungan kerja sama ke Krabi, Thailand, yang dipimpin oleh Dr Lelly Qodariah selaku  Wakil Rektor III  Uhamka bersama dengan Purnama Syae Purrohman selaku Kepala Unit Kerja Sama dan Prima Mutia Sari selaku staf wakil rektor III yangdilaksanakan pada tanggal Jum’at-Senin (22 – 25/7) lalu.

 

Kunjungan tersebut dilaksanakan untuk menjalin silaturahim dan kerjasama Pendidikan yang selama ini sudah terjalin. Proses penandatanganan Nota Kesepahaman di Ekkapapsasanawich Islamic School dengan lembaga AECI (Association of Education & Culture International) mendorong terlaksananya mobilitas mahasiswa dan dosen dalam mengamalkan darma perguruan tinggi. Penandatangan dihadiri oleh Kepala Sekolah, Babo Kamaen; Presiden AECI, Taneem Kundee; Pimpinan tingkat Desa yang sekaligus Saksi dan Perwakilan Wali Santri, serta beberapa guru dan mahasiswa asal Indonesia yang sedang melaksanakan kegiatan magang/PPL di sekolah tersebut.

 

Setelah penandatanganan, dilaksanakan diskusi dengan mahasiswa peserta magang/PPL yang berasal dari Universitas Panca Sakti dan Universitas Siliwangi. Kedua mahasiswa tersebut, Bella dan Amira, merasa bahwa banyak pengalaman berharga yang mereka rasakan selama pelaksanaan magang tersebut.

 

Tim dari Uhamka juga mengunjungi sekolah yang ditempati oleh mahasiswa asal Indonesia yang melaksanakan kegiatan KKN/PPL di daerah Thailand, Krabi. Diantaranya, Sekolah Utthayan Sueksa Islamic School dan Sekolah Vittayakarn Islamic School. Di dua sekolah tersebut, tim berjumpa dengan Putri, Andi, dan Cahya, ketiganya mahasiswa yang peserta PPL/KKN yang berasal dari Universitas Muhammadiyah Maluku Utara.

 

Lelly Qodariah selaku Wakil Rektor III Uhamka menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada tim AECI yang sudah memfasilitasi kegiatan ini. Dengan kegiatan ini, mahasiswa Indonesia akan mendapat pengalaman lintas budaya yang berguna untuk kehidupan profesional dan kepribadiannya. Uhamka akan mengirimkan mahasiswa pada pertengahan 2022, untuk menjadi bagian dari pertukaran mahasiswa internasional.

 

“Kami (Uhamka) mengucapkan terima kasih kepada tim AECI yang telah memfasilitasi kegiatan ini, sehingga mahasiswa kami dapat belajar di luar negeri sehingga akan mendapatkan pengalaman diantaranya pengalaman lintas budaya. Kami Uhamka akan mengundang untuk datang studi lanjut tingkat sarjana maupun pasca sarjana di Uhamka. Uhamka juga akan membuka peluang beasiswa bagi mahasiswa asing yang berasal dari Thailand Selatan pada program studi tertentu, jika memenuhi kriteria yang telah ditentukan,” tutur Lelly.

 

Sementara itu, menurut Purnama Syae Purrohman selaku Kepala Kerja Sama dan Urusan Internasional Uhamka, kegiatan ini layak diikuti oleh mahasiswa Indonesia dari jurusan pendidikan, ataupun bukan, karena membuka wawasan tentang fenomena pendidikan di luar negeri yang memiliki kesamaan dan perbedaan dengan sistem di Indonesia. Sehingga mahasiswa dapat mengembangkan diri menjadi pribadi yang lebih baik sebagai bekal keprofesionalannya.

 

“Untuk rencana kedepannya Uhamka akan mengirim mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan PPL/KKN di daerah Krabi, pada rombongan bulan September tahun 2022. Untuk kegiatan tersebut, maka akan diadakan rekrutmen dan seleksi mahasiswa yang berminat dengan koordinasi dengan pimpinan di tingkat fakultas dan program studi,” tutur Purnama.

×
Berita Terbaru Update