Notification

×

Iklan

Iklan

Perkuat Lulusan yang Unggul, Uhamka Gelar Baitul Arqam Purna Studi Bagi Mahasiswa Semester Akhir

Selasa, 23 Agustus 2022 | Selasa, Agustus 23, 2022 WIB | Last Updated 2022-08-23T07:20:51Z

Serambiupdate.com
- Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) mengadakan kegiatan Baitul Arqam Purna Studi Mahasiswa Uhamka gelombang 1 Tahun 2022 di kampus B FKIP Uhamka pada Senin (22/8).


Kegiatan ini turut dihadiri oleh Bunyamin selaku Wakil Rektor IV Uhamka, Amirullah selaku Sekretaris Lembaga Pengembangan dan Pengkajian Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (LPP AIK Uhamka), serta peserta Baitul Arqam Purna Studi Mahasiswa Uhamka.


Wakil Rektor IV Uhamka, Bunyamin menyampaikan bahwa kegiatan Baitul Arqam Purna Studi dilaksanakan bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai keislaman, karakter kepemimpinan, dan juga solidaritas kealumnian.


“Tujuan dari pelaksanaan Baitul Arqam Purna Studi ini adalah untuk mempersiapkan kalian semua untuk menjadi lulusan yang unggul dan berkarakter. Dalam kegiatan ini kalian diperkuat nilai-nilai Islam dan kemuhammadiyahan serta karakter kepemimpinan agar memiliki pondasi yang kuat untuk menjadi pemimpin-pemimpin, professional-profesional dan lulusan yang mampu menghadapi tantangan hidup yang saat ini sangat kompleks”. ujar Bunyamin dalam sambutannya di hadapan ratusan peserta.


Bunyamin juga menjelaskan bahwa Baitul Arqam Purna Studi tersebut merupakan pengganti dari Ujian Komprehensif Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) bagi mahasiswa semester akhir di Uhamka dan sejatinya sudah mulai dilaksanakan pada tahun 2019 tapi karena pandemic covid-19 jadi tidak dapat dilaksanakan.


“Sejatinya kegiatan ini sudah dilaksanakan sejak 2019 yang lalu berdasarkan SK Rektor, tapi karena covid akhirnya tidak dapat dilaksanakan. Alhamdulillah, tahun 2022 ini dapat dilaksanakan, dan patut bersyukur kalian merupakan peserta perdana pada kegiatan Baitul.” ungkap Bunyamin.


Sementara itu, dalam laporannya, Sekretaris LPP AIK Uhamka, Amirullah, menyampaikan bahwa bahwa peserta yang mengikuti Baitul Arqam Purna Studi pada gelombang perdana tersebut sebanyak 204 orang dan bagi mahasiswa Uhamka semester akhir yang memenuhi syarat wajib mengikutinya.


“Kegiatan ini adalah bagian dari akademik yang harus diikuti, dan peserta yang ikut hari ini adalah yang telah memenuhi syarat seperti, telah lulus 6 mata kuliah AIK, telah memiliki sertifikat kemampuan baca Alquran bagi yang muslim. Karena itu, saya harap teman-teman semua mengikuti kegiatan ini dengan serius dan penuh keikhlasan karena kelulusan di kegiatan ini merupakan syarat untuk sidang skripsi dan insyaallah semuanya dipastikan lulus dengan syarat mengikuti semua sesi dari awal hingga akhir,” tutur Amir.

×
Berita Terbaru Update