Notification

×

Iklan

Iklan

Pentingnya Petty Cash (Kas Kecil) Bagi Perusahaan

Kamis, 11 Agustus 2022 | Kamis, Agustus 11, 2022 WIB | Last Updated 2022-08-11T02:38:00Z

  


 

Oleh : Nur Aqilah

Mahasiswa FEB Uhamka

 

Dalam perusahaan mengontrol keuangan adalah hal yang sangat penting dan memerlukan perhatian khusus. Salah satu cara mengontrol keuangan perusahaan dengan membuat laporan kas. Laporan kas dibuat untuk mengetahui transaksi apa saja yang dilakukan selama satu periode, salah satu jenis laporan kas yaitu petty cash (kas kecil). Petty cash (kas kecil) merupakan dana dalam jumlah kecil yang disimpan di dalam brankas dikhususkan oleh perusahaan untuk dipakai membayar pengeluaran yang kecil. Tujuan dibentuknya petty cash adalah untuk keperluan operasional perusahaan sehari-hari, biasanya dibentuk perminggu atau perbulan tergantung perusahaan. Pengeluaran operasional perusahaan yang dikeluarkan menggunakan dana petty cash biasanya seperti, biaya konsumsi meeting, biaya alat tulis kantor, perjalanan dinas, biaya bahan bakar mobil operasional dan keperluan lainnya.

Pentingnya petty cash bagi perusahaan adalah memudahkan perusahaan untuk mengambil uang kapapun tanpa membutuhkan waktu yang lama, karena proses pencairan uang dalam perusahaan umumya melalui banyak tahapan dan pastinya membutuhkan waktu yang lama. Dengan adanya dana petty cash yang jumlahnya sesuai kebutuhan membuat aktivitas keuangan perusahaan dapat berjalan lancar. Jumlah dana petty cash tidak boleh terlalu besar jumlahnya, karena akan menimbulkan sejumlah dana menganggur dan juga dapat menimbulkan resiko kehilangan.

Setelah kita mengetahui pentingnya membuat petty cash bagi perusahaan, mau tidak mau perusahaan harus membuat laporan petty cash. Dengan begitu, kita dapat mengetahui apa saja transaksi yang dilakukan selama satu periode dan kita juga mengetahui kondisi keuangan perusahaan. Ketika ada suatu kebutuhan yang mendadak yang pengeluarannya relatif kecil, perusahaan dapat langsung memakai dana petty cash tanpa membuat kondisi keuangan perusahaan terganggu. Perusahaan harus selalu menyimpan bukti kuitansi pembayaran agar tidak lupa pada saat membuat laporan petty cash. Petty cash juga harus selalu diperhatikan karena jika mengambil dana petty cash untuk keperluan diluar perusahaan dapat menyebabkan perusahaan rugi.

 

 

 

×
Berita Terbaru Update