Notification

×

Iklan

Iklan

Peluang Karir untuk Mahasiswa Jurusan Akuntansi

Jumat, 12 Agustus 2022 | Jumat, Agustus 12, 2022 WIB | Last Updated 2022-08-12T02:41:00Z

  


 

 

Oleh : Ananda Hilsa Salsabila

Mahasiswa FEB Uhamka

 

Menjadi mahasiswa jurusan Akuntansi harus siap berkutat dengan angka - angka. Berkuliah di Jurusan ini juga akan mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan laporan keuangan. Pada masa awal perkuliahannya, kamu akan diajak mempelajari pengantar Akuntansi atau Financial Accounting yang mencakup berbagai dasar ilmu Akuntansi serta pemahamannya secara lebih lanjut. Memasuki tahun kedua, kamu akan diajak mempelajari Akuntansi Keuangan Menengah atau intermediate Accounting yang berisikan pengembangan pemahaman dasar Akuntansi menuju bidang keilmuan yang lebih kompleks lagi. Selanjutnya, memasuki tahun ketiga kamu akan mempelajari Akuntasi keuangan lanjutan (Advance Accounting) yang mempelajari penyusunan laporan keuangan pada suatu perusahaan, Grameds.

 

Sejak dulu, jurusan akuntansi selalu menjadi jurusan terpopuler dikalangan calon mahasiswa di Indonesia. Menurut Kementrian Riset dan Teknologi, jurusan Akuntansi merupakan jurusan kedua yang paling banyak dipilih oleh peserta ujian SBMPTN 2017 setelah jurusan manajemen. Bukan tanpa alasan, hal ini terjadi karena anggapan tentang prospek masa depan cerah masih melekat pada mahasiswa jurusan akuntansi. Dapat dikatakan bahwa profesi akuntan merupakan dambaan banyak orang. Selain memiliki prospek yang menjanjikan, pertumbuhan karir pun bisa dijamin. Apalagi, peluang kerja bidang akuntansi sangat terbuka lebar. Tak heran jika banyak siswa SMA yang memilih jurusan akuntansi akan melanjutkan pendidikannya.

 

Karir di bidang akuntansi sendiri menjanjikan pemasukan yang cukup menjanjikan. Tak hanya itu peningkatan karirnyapun terjamin. Biro Tenaga Kerja Amerika juga melaporkan 10% dari akuntan digaji hampir $116,000 per tahunnya. Para akuntan memiliki jam kerja lebih panjang dibanding profesi lain, namun berbanding lurus dengan bayarannya yang lebih tinggi. Sehingga tidak heran jika Jurusan ini kemudian menjadi salah satu jurusan terpopuler di Indonesia. Selain itu hampir setiap sektor membutuhkan staf di bidang Akuntansi, Prospek pekerjaanya sendiri dimulai dari menjadi Akuntan, baik itu Akuntan Sektor Publik (Akuntan Pemerintahan), Internal Auditor, Akuntan Publik (AP), Administrator Perpajakan, Auditor Pajak, Staff Akuntansi Perbankan, Auditor Badan Pengawas Keuangan (BPK), Konsultan Keuangan, Tenaga Pengajar, baik di lingkungan Perguruan Tinggi (Dosen) maupun Guru, Wirausaha.

 

Nah, itu dia berbagai prospek kerja dari lulusan akuntansi. Meskipun berhubungan dengan keuangan dan deretan angka, namun lingkup kerjanya sangat beragam dan terdengar menantang. Semoga ini cukup memberikan wawasan terutama bagi kamu yang sedang menempuh kuliah akuntansi. Serta untuk menambah keterampilan khusus profesi akuntan guna memberikan dasar yang lebih kuat dan menjadikan lulusan mahasiswa akuntansi sebagai lulusan perguruan tinggi yang mempunyai nilai lebih. Lebih baik tetapkan pilihanmu dari sekarang, agar bisa mempersiapkan dengan sebaik mungkin.

 

×
Berita Terbaru Update