Notification

×

Iklan

Iklan

Kenali Akuntansi Untuk Mengatur Keuangan

Rabu, 03 Agustus 2022 | Rabu, Agustus 03, 2022 WIB | Last Updated 2022-08-03T04:06:19Z

  


Oleh : Lisa Klara Afifah

Mahasiswa FEB Uhamka

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sebagai manusia dikelilingi oleh berbagai macam kebutuhan dan keinginan. Untuk memenuhi hal-hal tersebut, kerap kali kita tidak memperhatikan dan menyadari besaran jumlah pengeluaran yang telah dikeluarkan. Jadi, kita cenderung bersikap impulsif saat melihat sesuatu yang diinginkan. Sehingga, berakhir membuang uang secara percuma dan tidak dapat mengendalikan diri untuk mengatur keuangan. Maka dari itu, penting bagi kita untuk mengatur keuangan.

Salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk mengatur keuangan adalah dengan mengenal akuntansi. Menurut Sunyanto (1999) definisi akuntansi  merupakan suatu tahapan proses pengumpulan, pengidentifikasian, pencatatan, penggolongan, peringkasan dan penyajian atau pelaporan dari transaksi-transaksi keuangan serta penafsiran hasilnya guna pengambilan keputusan. Jadi, bisa kita simpulkan secara sederhana, bahwa akuntansi adalah proses menyajikan informasi keuangan untuk mengambil keputusan. Dalam hal itu, jika kita kaitkan dengan kehidupan sehari-hari, ilmu akuntansi yang dapat diterapkan yaitu, kita dapat belajar untuk mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran yang dilakukan. Dengan mencatat kedua hal tersebut, kita dapat menghasilkan informasi untuk pengendalian dan perencanaan keuangan kita.

Pengendalian, misalnya setelah melihat informasi dari pemasukan dan pengeluaran yang dicatat, kita akan melihat apakah selama ini boros atau tidak. Jika iya, maka kita dapat mengendalikan tindakan selanjutnya agar bersikap lebih hemat. Lalu perencanaanmisalnya kita dapat merencanakan untuk memperioritaskan pengeluaran penting di kehidupan kita dan tidak menggunakan anggaran untuk pengeluaran yang sia-sia. Kita juga dapat melakukan perencanaan dengan menyisihkan anggaran untuk hal yang darurat. Sehingga di masa yang akan datang keuangan kita dapat teratur dan terkendali. Demikianlah hal-hal yang kita dapatkan jika mengenal dan menerapkan ilmu akuntansi. Oleh karena itu, mari kita bersama-sama menerapkan ilmu akuntansi untuk mengatur keuangan.

×
Berita Terbaru Update