Notification

×

Iklan

Iklan

Prospek Kerja Jurusan Akuntansi

Jumat, 15 Juli 2022 | Jumat, Juli 15, 2022 WIB | Last Updated 2022-07-15T02:27:00Z

  


Maulana Yusuf

Mahasiswa FEB Uhamka


Yang kita tahu bahwa akuntansi kini benar-benar dibutuhkan dalam perushaan, seperti perusahaan tinggi yang membutuhkan tenaga kerja dari seorang lulusan s1 akuntansi.

Akuntasi sendiri yaitu, sebuah program studi yang menyiapkan mahasiswanya untuk bisa mempraktekkan profesi akuntansi dan melakukan fungsi bisnis terkait, termasuk menerapkan instruksi dalam prinsip akuntansi dan teori, akuntansi keuangan, akuntansi manajerial, akuntansi biaya, pengendalian anggaran, akuntansi pajak, aspek hukum akuntansi, audit, prosedur pelaporan, analisis laporan, perencanaan dan konsultasi, sistem informasi bisnis, metode penelitian akuntansi, standar profesional dan etika.

Mungkin bagi para orang tua banyak yang memanfaatkan lulusan akuntansi memudahkan mendapat pekerjaan setelah lulus,  tapi setelah lulus dari jurusan akuntansi, kita bakalan dapetin gelar S.E (Sarjana Ekonomi). Tapi, kalau kita mau jadi akuntan publik, kita harus sekolah lagi selama 1 tahun dan ikutin Ujian Sertifikasi Akuntan Publik (USAP) sedangkan untuk menjadi konsultan pajak harus mengikuti Ujian Sertifikasi Konsultan Pajak (USKP).

Mungkin profesi ini nggak terlalu jauh beda sama konsultan pajak, tapi yang dikelola adalah keuangan. Kliennya pun beragam. Bisa perorangan, maupun kelompok atau organisasi.Kita juga bisa masuk ke badan-badan pemerintahan seperti Dirjen Pajak atau Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

 

×
Berita Terbaru Update