Notification

×

Iklan

Iklan

Peran Zoom Meeting dalam Pendidikan

Rabu, 20 Juli 2022 | Rabu, Juli 20, 2022 WIB | Last Updated 2022-07-20T00:54:38Z

 


Oleh : Sarania 

Mahasiswa FKIP Uhamka


Apa yang kalian pikirkan ketika mendengar “Pembelajaran dilakukan dirumah atau jarak jauh”? Ya, beberapa orang langsung memikirkan aplikasi-aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan pembelajaran jarak jauh. Salah satunya adalah aplikasi Zoom meeting. Zoom meeting adalah aplikasi layanan video conference yang bisa membuat pengguna untuk melakukan obrolan secara dalam jaringan (daring) dengan memanfaatkan teknologi cloud computer. Zoom dikembangkan oleh perusahaan Zoom Video Communications, Inc. yang berpusat di San Jose, California, Amerika Serikat. Zoom didirikan oleh mantan eksekutif Cisco Webex, Eric Yuan pada tahun 2011 dan diluncurkan secara publik pada tahun 2013. Aplikasi layanan ini mampu menampung pertemuan panggian satu dengan yang lain sekitar 100-300 peserta.

Dengan Zoom Meeting, pengguna bisa saling terhubung, melakukan meeting, webinar, chatting, hingga melakukan diskusi dalam sebuah channel. Zoom menjadi alternatif untuk bekerja dan belajar jarak jauh dari banyak organisasi dan lembaga di seluruh dunia. Zoom Meeting juga sudah digunakan di negara lain sebelum pandemi ini. Beberapa layanan Zoom memiliki fungsi dan kebutuhan yang berbeda, seperti Zoom Meeting untuk kebutuhan meeting secara online dari mana pun. Zoom Webinar untuk kebutuhan Webinar Events seperti kampus, sekolah, atau lembaga dengan mengundang banyak orang untuk ikut berpartisipasi. Zoom Room untuk meeting dalam ruangan yang berbeda dengan fungsi dan alat yang lebih lengkap. Diperkirakan hampir semua Lembaga pendidikan di Indonesia menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meeting dalam proses pembelajaran selama pandemi COVID19.

Zoom memang dibutuhkan dalam bidang Pendidikan dan bermanfaat juga dalam kehidupan sehari-hari. Memangnya sepenting apa peran zoom meeting di kehidupan sehari-hari maupun di bidang Pendidikan? Berikut ini ada beberapa Kelebihan Aplikasi Zoom meeting yaitu:

Pertama, Fleksibel.

Baik Pengajar maupun Peserta didik dapat mengatur waktu pembelajaran sesuai kesepakatan. Fleksibilitas pembelajaran face to face merebaknya wabah virus corona yang mengharuskan adanya social distancing (pembatasan interaksi) antar masyarakat. Beberapa peserta didik yang memutuskan untuk pulang ke kampung halaman juga merasa tidak khawatir ketinggalan pembelajaran selama kampung halaman mereka masih menyediakan akses internet.

Kedua, Menyediakan Beberapa Fitur yang Menunjang Proses Pembelajaran

Adanya beberapa fitur tambahan seperti mute dan unmute, chat, record, dan white board dapat menunjang proses berlangsungnya kegiatan pembelajaran. Ketika pengajar menggunakan fitur mute pada saat salah satu peserta didik bercerita, peserta didik yang lain dapat mendengarkan dengan seksama cerita yang disampaikan tanpa adanya intervensi dari suara luar. Fitur chat dan whiteboard juga sangat membantu peserta didik dalam memahami beberapa ungkapan yang tidak terdengar dengan baik disebabkan naik turunnya sinyal jaringan internet atau adanya gangguan kerusakan pada speaker yang ada pada laptop atau smart phone mereka. Fitur Record digunakan untuk merekam proses berlangsungnya kegiatan pembelajaran dari awal sampai akhir dalam bentuk video. Hasil rekaman video dapat membantu pengajar untuk mengevaluasi hasil seluruh proses kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung. Peserta didik juga dapat menggunakan hasil rekaman video tersebut untuk mengulangi hasil evaluasi dari apa yang telah disampaikan oleh pengajar dalam kegiatan pembelajaran.

Ketiga, Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik dan Pengajar

Fleksibilitas yang diberikan oleh media Zoom Meeting tentunya juga memberikan dampak positif pada kedisiplinan pengajar maupun peserta didik. Jadwal pembelajaran yang telah disepakati antara pengajar dan peserta didik menuntut lahirnya komitmen dan tanggung jawab dari kedua belah pihak untuk saling menepati apa yang telah disepakati kecuali bila ada kejadian atau alasan yang dapat diterima dan masuk akal.

Sejak adanya pandemi covid-19 ini mulai meningkat, Lembaga pendidikan tidak lagi melakukan aktivitas seperti biasa, karena pemerintah memberlakukan sistem di rumah saja, salah satu langkah yang tepat untuk mengatasi masalah ini adalah menggunakan teknologi jaringan dan informasi bagi system pembelajaran seperti dengan mengguanakan aplikasi zoom meeting. Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi ini diharapkan mampu digunakan untuk menjadi penunjang didalam terselenggaranya proses belajar mengajar secara jarak jauh. Karena teknologi memiliki peranan yang mampu menjadikan proses belajar menjadi efektif dan mampu tetap berjalan dengan baik dimasa pandemi ini. Maka dari itu, yuk gunakan aplikasi zoom meeting untuk mempermudah proses pembelajaran.

×
Berita Terbaru Update