Notification

×

Iklan

Iklan

Meminimalisir Kenakalan Remaja

Minggu, 24 Juli 2022 | Minggu, Juli 24, 2022 WIB | Last Updated 2022-07-24T04:21:39Z



Oleh : Delima Dora Tumanggor

Mahasiswa FKIP Uhamka 

Zaman sekarang tawuran antar pelajar, mabuk, merokok, dan seksual. sudah sangat tidak asing dimata kita semua. Banyak anak sekolah yang sering melakukan tawuran hingga memakan banyak korban sesama anak sekolah dan tawuran ini juga sangat meresahkan warga setempat karena banyak warga yang merasa terganggu dan ketakutan karena tawuran tersebut banyak yang menggunakan sejata tajam seperti golok,sabit dll.Untuk mengetahui apa sebab banyaknya kenakalan remaja ini terjadi saya Delima dora Tumanggor 1901025102 seorang mahasiswi Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan guru sekolah Dasar  mencari tahu tentang penyebab kenakalan remaja sekarang. Terkadang kenakalan remaja itu bisa saja dari faktor lingkungan seperti keluarga bisa saja itu dari remaja tersebut dan lingkungan pertemanan.tiga faktor ini sangat berpengaruh terhadap masa pertumbuhan dan pengembangan pikiran anak apalagi dalam kehidupan seorang remaja. 

Faktor internal: Pembawaan yang negtif yang mengarah pokok ingin slalu melakukan apa yang di inginkanTidak bisa mengontrol emosi 

Faktor lingkungan keluarga (1)kurangnya pengawasan orang tua kepada anak tentang kepada siapa saja anak bergaul dan berteman (2)anak sering stress saat dirumah bisa saja anak sering melihat kedua orang tuanya sering rebut hanya karena masalah sepele.(3)Kurangnya perhatian orang tua jadi anak sering merasa sendiri dan merasa orang tua sudah tidak peduli(4)Orang tua terlalu sibuk bekerja (5)Kurang pemahaman agama (6)Permintaan yang tidak terpenuhi oleh orang tua. 

Faktor dari lingkungan pertemanan: (1)Banyak terhasut oleh teman untuk melakukan hal yang tidak baik(2)Pengaruh media massa (3)Bergaul dengan anak berandalan (4)Putus cinta tau cinta ditolak (5)Sering  mengikuti balapan liar dengan orang orang asing 

Kenakalan remaja ini banyak merugikan teman, keluarga atau teman terdekat. Apa saja yang dilakukan oleh remaja yang banyak merugikan orang lain? Kenakalan remaja sekarang sangat berdampak buruk pada masadepannya karena akan merusak masa depannya sendiri seperti  merokok,tawuran,sekssual free,ganja. Itu sudah termasuk sangat fatal bagi anak remaja apalagi bagi yang masih menduduki bangku sekolah. 

Adapun cara untuk mengurangi kenakalan anak remaja dengan beberapa cara tersebut: 

mengurangi anak untuk menggunakan ponsel atau media massa karena media massa juga sangat berpengaruh buruk bagi anak jika anak tersebut tidak tau kemana arah dan apa saja fungsi dari media massa tersebut. Kanapa media massa bisa berpengaruh buruk? Karena dari dari Hp anak bisa melihat apa saja yang ia inginkan seperti menonton video porno,atau melakukan video seks dengan pacarnya. (2)Mengajarkan pemahaman agama kepada anak 

Jika anak paham dengan agama maka anak tersebut bisa membedakan mana perilaku yang baik dengan yang buruk, dan akan beteman dengan orang yang paham agama juga. (3)Banyak menghabiskan waktu dengan anak atau sering bertanya kepada anak apa si anak punya masalah atau keluhan. Dengan kita mengetahui apa masalah anak kita bisa mencari solusi kepada anak, dan anak juga tidak merasa sendiri karena anak punya tempat untuk bercerita yaitu keluarganya. 

 sekiranya sedikit yang saya pahami dan saya cari tahu tentang penyebab kenakalan anak remaja zaman sekarang. mungkin sudah banyak juga para ahli mencari tahu dan memberikan solusi juga tentang kenakalan remaja yyang terjadi saat ini. Saya sendiri seorang remaja sudah mengalami hal tersebut maka kita akan baik jika kita bergaul dengan orang baik juga. Sekiranya saya sendiri telah menghindari semua itu dengan bimbinga orang tua yang sangat berpengaruh kepada anak remaja seperti saya sendiri. 

×
Berita Terbaru Update