Notification

×

Iklan

Iklan

Melalui Penjajakan Pendistribusian Karya Siswa, Kurikulum SLB Vokasi Ditingkatkan

Jumat, 29 Juli 2022 | Jumat, Juli 29, 2022 WIB | Last Updated 2022-07-29T02:21:16Z


Serambiupdate.com
Kurikulum Sekolah Luar Biasa (SLB) vokasi akan ditingkatkan. Salah satunya melalui pendistribusian hasil karya siswa SLB. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) NTB mengadakan penjajakan kepada konveksi guna pendistribusian karya siswa.


Hj. Eva Sofia Sari, S.Pd.,M.Pd., Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Khusus Dinas Dikbud NTB menuturkan bahwa pihaknya mengadakan penjajakan ke pihak industri di bidang konveksi seperti menjahit tas, tempat HP dan lain-lain dari kain perca untuk suvenir.


“Penjajakan ini guna mendistribusikan hasil karya batik pada artshop itu sebagai salah satu pilihan oleh-oleh bagi wisatawan,” tuturnya.


SLB vokasi mengacu pada kurikulum SLB yang menekankan pada pendidikan keterampilan.


“Bertujuan untuk selepas dari sekolahnya nanti ABK atau PDPD mempunyai modal guna lebih mandiri maka ke depannya bukan beban untuk keluarga atau masyarakat di sekitarnya,” imbuhnya.


Eva pun mengatakan bahwa dengan hadirnya keterampilan itu, para peserta didik dapat membentuk lapangan kerja sendiri. Dalam menyelaraskan penyelenggaraan SLB vokasi, maka bidang Pembinaan PK-PLK Dinas Dikbud NTB akan bekerja sama dengan Bidang Pembinaan SMK yang pun melakukan pendidikan vokasi.


Menurutnya, terdapat 20 item keterampilan diusulkan Direktorat Pendidikan Khusus mengenai SLB vokasi. Namun, sekolah hanya mengakomodir keterampilan sesuai dengan keadaan sekolah serta kebutuhan siswanya.


(ADP)

×
Berita Terbaru Update