Notification

×

Iklan

Iklan

Kenakalan Remaja

Rabu, 20 Juli 2022 | Rabu, Juli 20, 2022 WIB | Last Updated 2022-07-20T14:50:22Z

 



Oleh : Sekar Ayu Fenina 

Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammdiyah Prof Dr Hamka

 Perkembangan remaja pada masa sekarang ini banyak yang sudah tidak patut dibanggakan lagi. Saat ini sulit sekali mengatasi perilaku kenakalan remaja. Akhir–akhir ini sering kita amati berita di televisi maupun radio akibat perilaku kenakalan remaja diantaranya tawuran, pelecehan seksual yang telah banyak dilakukan oleh kalangan pelajar, pemakaian obat- obat terlarang seperti narkoba dan lain sebagainya. Kehidupan yang terjadi pada remaja pada saat ini sangat memprihatinkan. Remaja yang semestinya menjadi bibit-bibit penerus bangsa saat ini tidak bisa lagi menjadi harapan untuk kemajuan bangsa dan negara. Bahkan perilaku mereka saat ini cenderung menurun. Sangat disayangkan para remaja saat ini dengan sangat mudah melakukan perubahan sosial dan budaya dengan meniru budaya luar tanpa adanya filter.

 

Banyak tayangan di televisi pada saat ini yang tidak bernilai edukatif sehingga meningkatkan kenakalan remaja. Hal ini disebabkan karena industri perfilman kurang memberikan pesan-pesan moral terhadap siaran yang ditampilkan. Seperti sinetron-sinetron maupun reality show yang banyak menayangkan tentang pergaulan bebas remaja bersifat pornografis, kekerasan, hedonisme selalu ditampilkan di layar kaca, Seperti tayangan remaja dalam mengonsumsi obat-obatan terlarang, cara berpakaian yang terlalu minim dan lain sebagainya. Inilah yang seringkali menjadi contoh tidak baik yang sering mempengaruhi remaja-remaja yang berada di kota maupun di daerah untuk mengikuti perilaku tersebut.


 Faktor internal adalah faktor yang datangnya dari dalam tubuh remaja sendiri. Sedangkan Faktor eksternal adalah faktor yang datangnya dari luar tubuh remaja.  Keberfungsian Sosial stilah keberfungsian sosial mengacu pada cara-cara yang dipakai oleh individu akan kolektivitas seperti keluarga dalam bertingkah laku agar dapat melaksanakan tugas-tugas kehidupannya serta dapat memenuhi kebutuhannya. Penampilan dianggap efektif diantarannya jika suatu keluarga mampu melaksanakan tugas-tugasnya.  


Hubungan Kebudayaan Dengan Masyarakat yaitu Kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat. Cultural determinism: segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri. Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sansekerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Dalam bahasa Inggris, kebudayaan disebut culture, yang berasal dari kata Latin colere, yaitu mengolah atau mengerjakan. 


Fase remaja merupakan masa dimana seorang individu mengalami peralihan dari satu tahap ke tahap berikutnya dan mengalami perubahan baik emosi, tubuh, minat, pola perilaku, dan juga penuh dengan masalah-masalah. Dimensi Biologis yaitu pada saat seorang anak memasuki fase pubertas yang ditandai dengan menstruasi pertama pada remaja putri atau pun perubahan suara pada remaja putra, secara biologis dia mengalami perubahan yang sangat besar. Perkembangan kognitif remaja, dalam pandangan Jean Piaget merupakan periode terakhir dan tertinggi dalam fase pertumbuhan operasi formal. 


Para remaja mulai membuat penilaian tersendiri dalam menghadapi masalah-masalah populer yang berkenaan dengan lingkungan mereka, misalnya: politik, kemanusiaan, perang, keadaan sosial, dsb. Masa remaja merupakan masa yang penuh gejolak. Pada masa ini mood bisa berubah dengan sangat cepat. Remaja rata-rata memerlukan hanya 45 menit untuk berubah dari mood "senang luar biasa" ke "sedih luar biasa", sementara orang dewasa memerlukan beberapa jam untuk hal yang sama. 


Manusia dapat bergaul bebas akan tetapi dalam suatu keterikatan sosial. Jawab atas kesejahteraan sesama manusia . hak-hak dan harga diri wanita dan pria. teguh pada norma sosial, nilai-nilai moral dan tata susila, dan norma hukum pergaulan bebas antara pria dan wanita dapat menjadi pergaulan yang tidak bebas lagi. Pada suatu saat pergaulannya menyempit dan hanya meliputi dua orang saja, seorang pemuda dan seorang pemudi. Pergaulan bebas berarti pergaulan yang luas antara banyak pemuda dan pemudi. Tidak terlalu menekankan pengelompokkan yang kompak antara dua orang saja, akan tetapi antara banyak muda-mudi.


×
Berita Terbaru Update