Notification

×

Iklan

Iklan

Jadikan Pembelajaran Lebih Mudah, Dosen bersama Mahasiswa Uhamka Berikan Pelatihan E-Learning Berbasis Moodle di SMAN 4 Depok

Senin, 11 Juli 2022 | Senin, Juli 11, 2022 WIB | Last Updated 2022-07-11T14:57:35Z


Serambiupdate.com 
Dosen bersama mahasiswa Universitas Muhammadiyah Prof DR Hamka (UHAMKA) berkolaborasi mengadakan kegiatan Program Kemitraan Masyarakat atas kerjasama dengan LPPM Uhamka berupa pelatihan dengan tema Peningkatan Kapasitas Kemampuan Guru Dalam Proses Pembelajaran Dengan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Moodle di SMA N 4 Depok dengan tujuan  agar guru dapat memanfaatkan media pembelajaran berbasis Moodle.


Rangkaian Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini berasal dari inisiatif yang bermula dari Pemetaan Kemampuan Guru Dalam Penggunaan IT terlebih dahulu, tujuan awal memetakan kepemilikan kompetensi guru yang dijadikan dasar bagi pengembangan keprofesian berkelanjutan serta ingin membantu memudahkan proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan efesien dimasa yang akan datang.


Pelaksanaan puncaknya ada pada kegiatan sosialisasi penggunaan E-Learning berbasis Moodle di SMA N 4 Depok yang dibersamai oleh Drs. Mamad Mahpudin, M.Pd. selaku Kepala SMA N 4 Depok lalu pemaparan materi pelatihan oleh Sugiono, M.Pd dan Dwi Febriyadi mahasiswa dari Teknik Informatika Uhamka serta anggota yang ada dalam pelaksanaan 2 mahasiswi Pendidikan ekonomi FKIP UHAMKA, Husnul Hotimah dan Salsabila Sakinah.


Kegiatan ini di ikuti 43 peserta sosialisasi penggunaan E-learning berbasis Moodle yang terdiri dari guru SMA N 4 Depok baik PNS maupun Non PNS.


Dalam Kegiatan ini Drs. Mamad Mahpudin, M.Pd. selaku Kepala sekolah, mengatakan “Pelatihan ini diadakan untuk kerja sama antara SMA N 4 Depok dengan UHAMKA dan dimana pelatihan atau sosialisasi ini di tergetkan untuk guru-guru SMA N 4 depok untuk menambah pengetahuan serta memberikan inovasi media pembelajaran baru E-learning berbasis Moodle.” Ungkapnya.


Dilain pihak Sugiono, M.Pd. selaku dosen mengatakan bahwa “Media pembelajaran berbasis Moodle menjadi salah satu media yang memiliki fitur yang lengkap, diharapkan dapat menjadi alternatif dalam proses pembelajaran dan mencapai tujuan pembelajaran.” Ungkapnya.


“Berdasarkan tujuan dilaksanakan kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan guru dan lebih tepatnya meningkatkan pembelajaran online berbasis Moodle dengan memanfaatkan peluang serta tantangan yang akan di hadapi di masa yang akan mendatang untuk menciptakan proses pembelajaran yang lebih efektif dalam pemanfaatan teknologi.” tutur Husnul Hotimah selaku mahasiswi pelaksana acara.


Acara sosialisasi ini di akhiri dengan pengisian posttest oleh peserta sebagai tolak ukur pemahaman penggunaan Moodle.

×
Berita Terbaru Update