Notification

×

Iklan

Iklan

Edukasi Penggunaan Obat di Rumah, Dosen FFS Uhamka Lakukan Pengabdian Masyarakat

Rabu, 06 Juli 2022 | Rabu, Juli 06, 2022 WIB | Last Updated 2022-07-06T10:14:42Z


Serambiupdate.com
Dosen Fakultas Farmasi dan Sains (FFS) Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) bersama Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) melakukan kegiatan pengabdian masyarakat dengan mengajak masyarakat RW 05 Malaka Sari Jakarta Timur untuk bijak dan benar dalam menggunakan obat di rumah, Sabtu (2/7).

 

Tujuan dari sosialisasi dan pelatihan obat ini adalah agar masyarakat semakin bijak dalam memilih obat dan menggunakan sediaan obat yang banyak jenisnya sesuai fungsinya sehingga efektivitas atau keberhasilan pengobatan dapat diperoleh dan pengobatan rasional di Indonesia makin meningkat.  

 

Kegiatan ini dimoderatori oleh Tuti Wiyati selaku dosen FFS Uhamka dan Nora Wulandari selaku dosen FFS Uhamka bidang Farmasi Klinis sebagai pemateri penggunaan obat yang benar.

 

Nora Wulandari selaku dosen FFS Uhamka menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi ini memaparkan tentang macam-macam sediaan obat dan cara penggunaan yang tepat dari obat, dilanjutkan memberikan pelatihan cara menggunakan sediaan obat seperti obat sub lingual, obat effervescent, tetes mata, salep mata, pen insulin, inhaler,dll.

 

“Warga peserta sangat antusias terhadap acara, dengan banyak berdisuksi terkait pengalaman dikeluarga, seperti minum obat yang harus diatur jika 2 kali sehari berarti per 12 jam, bagaimana jika obat pil KB terlupa diminum dan lain sebagainya. Kegiatan penjelasan mengenai obat seperti ini belum pernah dilakukan sebelumnya, sehingga warga sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Tim Pengabdian Masyarakat dari FFS Uhamka,”tutur Nora.
×
Berita Terbaru Update