Notification

×

Iklan

Iklan

Dosen FFS Uhamka Adakan Pelatihan Minuman Kesehatan Kombinasi Kolagen Kembang Telang kepada Ibu-Ibu PKK

Minggu, 31 Juli 2022 | Minggu, Juli 31, 2022 WIB | Last Updated 2022-07-31T16:36:14Z

Serambiupdate.com Dosen Fakultas Farmasi dan Sains (FFS) Uhamka bekerjasama dengan Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) Uhamka mengadakan pelatihan pembuatan minuman kesehatan kombinasi kolagen-kembang telang  kepada ibu-ibu PKK di RT 11 RW 05 Kalibaru Cilincing, Jakarta Utara.

 

Pelatihan ini merupakan pelatihan lanjutan dari pelatihan sebelumnya tentang pembuatan Gelatin dan kolagen dari limbah sisik ikan. Pemilihan tempat pelatihan di Kalibaru Cilincing yaitu karena daerah ini merupakan daerah tempat pelelangan ikan dan mempunyai limbah sisik ikan yang cukup besar besar didaerah Jakarta, dimana limbah sisik ikan ini dapat dimanfaatkan oleh warga untuk dimanfaatkan menjadi serbuk kolagen.

 

Selanjutnya, serbuk kolagen dari limbah sisik ikan ini dapat dimanfaatkan diantaranya pada bidang kesehatan dan makanan. Pada workshop ini, serbuk kolagen akan diformulasi dengan ekstrak bunga telang untuk dijadikan minuman kesehatan.

 

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 27 Juli 2022 secara langsung ke masyarakat daerah RT 11 RW 05 Kalibaru Cilincing terutama pada ibu-ibu PKK-nya. Pelatihan ini disambut antusias oleh peserta dengan banyaknya pertanyaan-pertanyaan terkait pembuatan kolagen dan pemanfaatannya pada minuman kesehatan. Pembuatan minuman kesehatan dari serbuk kolagen dan bunga telang juga merupakan hal baru yang perlu dicoba karena masyarakat disini juga sudah banyak menanam bunga Telang di rumah masing-masing, dan sekarang bisa dimanfaatkan untuk minuman kesehatan yang dikombinasikan dengan serbuk kolagen.

 

Pelatihan ini dilakukan oleh tim pengabdian Dosen FFS Uhamka yaitu Ibu Dr. apt. Numlil Khaira Rusdi, M.Si; Ibu Dr. apt. Hariyanti, M.Si; dan Ibu apt. Ari Widayanti. M.Farm. Acara peltihan dihadiri oleh Ibu RW 05 Kalibaru Cilincing yaitu Ibu Kartina, Ibu RT 11/005 yaitu Ibu Herliyanti, dan Ibu-ibu PKK di RT 11 RW 05 Kalibaru Cilincing, Jakarta Utara. Setelah acara dibuka, selanjutnya acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Ibu Ariwidayati terkait pembuatan minuman kesehatan kombinasi serbuk kolagen dan bunga telang. Setelah penyampaian materi kemudian dipraktekkan cara pembuatan minuman kesehatan tersebut. Jumlah peserta dalam kegiatan ini yaitu ada 38 orang.

 

Pada saat penyampaian materi, Ari menjelaskan apa saja manfaat kolagen, manfaat bunga telang, dan jika dikombinasikan bisa dijadikan minuman kesehatan. Kolagen merupakan protein yang kerap dihubungkan dengan kecantikan kulit, sedangkan bunga telang diketahui mempunyai beberapa manfaat diantaranya sebagai antioksidan dan antibakteri, namun manfaat ini masih perlu penelitian lebih lanjut. Jika digabung kolagen dan bunga telang, tentu bisa memberikan manfaat pada kesehatan terutama untuk kesehatan kulit, demikian penjelasan yang disampaikan bu Ari.

 

Pada pelatihan pembuatan minuman kesehatan kombinasi kolagen dan bunga telang, bu Ari menjelaskan bahan-bahan yang digunakan dan cara membuat minuman tersebut. Bahan yang diperlukan diantaranya serbuk kolagen, bunga telang, air minum yang sudah dimasak/ air mineral, dan sukrosa. Pertama, bunga telang direndam dengan air panas, kemudian ditambahkan pemanis sukrosa dan ditambahkan serbuk kolagen, kemudian dilarutkan dengan air mineral. Minuman kesehatan sudah siap untuk disajikan.

 

Pada pelatihan ini, narasumber membuat sediaan kolagen yang sudah dikombinasikan dengan bunga telang, dan dikemas dalam sediaan sachet, dan dibagi-bagikan ke Ibu-ibu PKK, jika akan diminum, tinggal diseduh dengan air mineral.

×
Berita Terbaru Update