Notification

×

Iklan

Iklan

Beragam Kebudayaan di Indonesia

Jumat, 22 Juli 2022 | Jumat, Juli 22, 2022 WIB | Last Updated 2022-07-22T09:20:17Z

 



Oleh : Maura Aulia Oktarin

FKIP Uhamka


Indonesia adalah negara kepulauan dengan lebih dari 17.000 pulau, rumah bagi sekitar 255 juta orang, menjadikan Indonesia  negara terpadat keempat  di dunia. Angka ini juga berarti bahwa negara ini memiliki banyak keragaman budaya, etnis, agama, dan bahasa. Budaya  sangat bervariasi dari ritual Hindu sehari-hari di Bali hingga penerapan (sebagian) syariat di Aceh hingga gaya hidup pemburu-pengumpul di Muntawai. 

  Selain itu, wilayah Indonesia mengalami sejarah politik dan ekonomi yang terpisah sebelum pembentukan kerangka nasional. Situasi tersebut masih terlihat hingga saat ini dalam dinamika wilayah. Semboyan nasional, Bhinekka Tunggal Ika (penyatuan dalam keragaman), mengacu pada komposisi  negara yang beragam. Semboyan ini juga menunjukkan bahwa meskipun masyarakat multikultural, ada rasa persatuan yang nyata di hati dan pikiran  masyarakat Indonesia.

Bagian Budaya di situs web Indonesia Investments dirancang untuk memberikan informasi latar belakang penting  kepada para pembaca tentang berbagai topik. Ini akan memperdalam pemahaman tentang negara. Pengetahuan dan pemahaman tentang aspek budaya dan dinamika  negara sangat penting  untuk melakukan investasi yang berkelanjutan dan menghasilkan atau tinggal di Indonesia untuk alasan bisnis atau pribadi. Hal ini terutama berlaku untuk Indonesia, di mana budayanya sangat beragam dan kompleks. 

Semua anak harus diperkenalkan dengan budayanya sendiri sejak usia dini. Hal ini karena mengenalkan budaya bangsa sejak dini akan menumbuhkan kesadaran anak. 


Semoga mereka secara otomatis lebih mencintai rakyatnya. Selain itu, mengenalkan budaya pada anak membantu mereka mengenali keragaman budaya yang ada di Indonesia. Inilah sebabnya mengapa banyak  ahli mengatakan bahwa anak-anak harus diperkenalkan dengan budaya mereka sejak dini. Selain mengenal budaya kita sendiri, kita juga perlu mengenal budaya negara lain. Ketika anak-anak mulai mempelajari budaya mereka sendiri, mereka  lebih mungkin menghadapi semua masalah konflik sosial sejak usia dini. Jangan mudah terpengaruh oleh anak-anak yang dapat membagi negara mereka. 

Dengan mengajari anak-anak kekayaan budaya Indonesia, mereka juga belajar memahami segala perbedaan  di lingkungan mereka. Anak akan  lebih merasakan empati dan rasa hormat serta empati terhadap teman sebayanya. Ada banyak cara untuk memperkenalkan kekayaan budaya. Salah satunya adalah dongeng, permainan tradisional, keseruan memasak, dan mengajak anak-anak mengunjungi beberapa tempat bersejarah seperti candi dan museum. Dengan begitu, anak-anak akan merasakan betapa kayanya budaya Indonesia.



×
Berita Terbaru Update