Notification

×

Iklan

Iklan

Pengaruh Penggunaan Gadget dan Komputer pada Kesehatan Mata

Jumat, 24 Juni 2022 | Jumat, Juni 24, 2022 WIB | Last Updated 2022-06-24T02:38:00Z

 



Oleh : Ratu Kaila

Mahasiswa FEB Uhamka


Kemajuan teknologi saat ini sangat pesat dan semakin canggih. Banyak teknologi canggih yang telah diciptakan dan membuat perubahan besar dalam kehidupan manusia terutama remaja contohnya gadget dan komputer. Pada dasarnya Gadget atau komputer mengeluarkan cahaya biru yang bisa membuat mata kita Lelah. Kalau terlalu lama didepan gadget atau komputer, mata kita bisa berasa pedih dan itu bisa mengganggu Kesehatan mata kita. 

Penggunaan komputer atau gadget semakin meningkat dikalangan pelajar dan mahasiswa. Selain mengetik tugas, komputer, laptop ataupun gadget juga kita gunakan untuk berselancar ke sosial media. Sayangnya, berlama-lama di depan layar komputer atau laptop akan berdampak pada kesehatan. Di balik tampilan berwarna-warni layar monitor, tersimpan sejuta pengaruh yang disebut radiasi. Efek samping ini berpengaruh pada kesehatan, khususnya organ mata.

Gadget sering kali digunakan untuk bermain games, membaca email, chatting dan nonton video. Membiarkan mata berinteraksi dengan gadget terlalu lama dalam jangka panjang akan menimbulkan risiko mata minus, dampak lainnya kelelahan mata, pandangan kabur hingga sakit kepala yang muncul saat asyik menggunakan gadget dan lupa untuk beristirahat. Kelelahan mata pada pengguna komputer atau gadget terjadi seiring meningkatnya usia, kelainan refraksi mata, atau bekerja sehari lebih dari empat jam terus-menerus. Selain itu mata juga akan jarang berkedip, hal inilah yang menyebabkan masalah mata kering.

Agar dapat meminimalkan atau bahkan menghindarkan dampak negatif dari gadget terhadap kesehatan mata, luangkanlah waktu 20 detik untuk melihat benda jauh sejauh 20 meter setiap 20 menit. Ada beberapa Akibat yang ditimbulkan karena pemakaian gadget yang berlebihan. Seperti Kram dan nyeri otot, Pembungkukan dan sakit punggung, kelelahan mata, Nomophobia atau no mobile phone phobia (kecemasan dan ketakutan Yang luar biasa ketika berada jauh dari ponsel).

Untuk mengurangi risiko terkena gangguan mata lelah akibat berlama-lama menggunakan gadget, kita bisa melakukan beberapa hal berikut. Seperti memberi jarak antara mata dengan layar handphone atau komputer, pencahayaan ruangan (cahaya ruangan yang terlalu terang akan membuat silau dan mengganggu pengelihatan), Setiap 20 menit lama penggunaan gadget, ambil waktu istirahat selama 20 detik dan selama 20 detik itu, lihatlah benda-benda yang berjarak 20 kaki atau enam meter, dan Anda juga bisa menggunakan tetes mata yang memiliki kandungan khusus untuk menyamankan mata dan menjaganya tetap lembap. Karena jika Anda terus-menerus memandangi layar gadget, mata juga bisa menjadi kering.

Gadget memang dibutuhkan untuk sarana komunikasi terhadap segalanya, tetapi pengawasan serta bimbingan orang tua terhadap anak harus selalu dilakukan. Karena jika orangtua terlena dengan anak yang bisa bermain gadget lama-lama, anak hanya bisa bermain gadget dan tidak akan bisa berkomunikasi dengan lingkungan sekitarnya. Sebaiknya orangtua mengawasi atau membatasi anak dalam bermain gadget agar Kesehatan mata sang anak terjaga.


×
Berita Terbaru Update