Notification

×

Iklan

Iklan

PBSI FKIP Uhamka Adakan Pelatihan BIPA, Optimalkan Potensi menjadi Pengajar BIPA yang Kompeten

Kamis, 16 Juni 2022 | Kamis, Juni 16, 2022 WIB | Last Updated 2022-06-16T03:00:56Z


Serambiupdate.com Program S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) merupakan kampus Islami terbaik di Indonesia dan telah terakreditasi Unggul turut menyelenggarakan pelatihan Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Tingkat Dasar bersama Unit Kerjasama Uhamka di Aula Ahmad Dahlan Kampus B Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Uhamka, Senin (13/6).

 

Kegiatan ini dihadiri oleh Prof Gunawan Suryoputro selaku Rektor Uhamka, Lelly Qodariah selaku Wakil Rektor III, Samsul Maarif selaku Wakil Dekan II FKIP Uhamka, Purnama Syae Purrohman selaku Kepala Unit Kerjasama Uhamka, dan segenap civitas akademika Uhamka.

 

Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan mulai 13-15 Juni 2022 dengan pemateri dari Pengurus Afiliasi Pegiat dan Pengajar Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing Pusat (APPBIPA Pusat) yang dipimpin langsung oleh Liliana Muliastuti sebagai Ketua APPBIPA Pusat. Pelatihan ini mendapatkan respon yang positif dari berbagai Perguruan Tinggi Muhammadiyah ‘Aisyiyah (PTMA) di seluruh Indonesia dengan hadirnya perwakilan dari berbagai PTMA se-Indonesia.

 

Prof Gunawan Suryoputro Rektor Uhamka mengungkapkan bahwa pelatihan BIPA menjadi wujud Uhamka untuk menjadi Universitas yang terbuka dengan dunia baru di luar Uhamka, yaitu dosen dan mahasiswa asing.

 

"Kegiatan pelatihan pengajar Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing merupakan pendorong bagi kesiapan Uhamka dalam menerima mahasiswa dan dosen asing pada masa mendatang," ujarnya.

 

Sementara itu, Lelly Qodariah menyatakan bahwa Uhamka mendukung terbentuknya pengajar BIPA yang profesional dengan memfasilitasi 10 peserta sebagai penerima sertifikat Pengajar BIPA Tingkat Dasar. Hal tersebut sesuai dengan rencana strategis Uhamka dalam memperkuat kegiatan inbound dan outbound dari kalangan mahasiswa, dan dosen di Uhamka.

 

"Setelah melaksanakan kegiatan ini, diharapkan Uhamka memiliki lembaga BIPA mandiri, dan melaksanakan kelas BIPA untuk mahasiswa asing, serta mendorong para dosen dan mahasiswa serta alumni untuk terlibat dan berperan aktif dalam pembelajaran bahasa nasional menjadi bahasa akademik dan pergaulan lintas bangsa," lanjutnya.

 

Ufi Ruhama sebagai peserta perwakilan dari Universitas Muhammadiyah Pontianak menuturkan, kegiatan pelatihan BIPA ini merupakan sebuah wadah baru untuk para pengajar dapat mengembangkan potensinya dalam bidang bahasa, khususnya penggunaan bahasa Indonesia dalam ilmu BIPA.

 

"Pelatihan ini membawa saya kepada hal baru, ilmu baru, dan pengalaman baru. Tentunya hal tersebut akan sangat berguna di masa depan, sehingga menambah kecintaan kita terhadap Bahasa Indonesia," ujarnya.

×
Berita Terbaru Update