Notification

×

Iklan

Iklan

Bahas Peran Pendidikan Islam, Indonesia Adakan Diskusi dengan Afghanistan

Kamis, 30 Juni 2022 | Kamis, Juni 30, 2022 WIB | Last Updated 2022-06-30T01:11:49Z


Serambiupdate.com
Retno Marsudi selaku Menteri Luar Negeri menyampaikan bahwa Indonesia sudah melaksanakan diskusi serta berbincang dengan Qatar dan Afghanistan di Doha guna membangun Afghanistan melalui pendidikan.


Konferensi ini turut dihadiri oleh tiga orang ulama Indonesia, lima ulama Qatar, serta sebelas orang ulama Afghanistan.


“Indonesia diwakili oleh ulama dari NU, Muhammadiyah, serta Rektor UIN Syarif Hidayatullah. Diskusi para ulama berjalan baik dan terbuka,” kata Retno dalam konferensi pers di Jakarta.


Retno mengungkapkan pada konferensi yang diadakan pekan lalu, Ulama Indonesia mengambil sejumlah isu, yaitu peran pendidikan Islam dalam menopang ketahanan nasional, perempuan dan pendidikan dalam perspektif Islam, dan implementasi nilai-nilai Islam dalam meningkatkan perdamaian dan kehidupan masyarakat yang harmonis.


 “Selain dialog trilateral ulama Indonesia-Qatar-Afghanistan, kini ulama Indonesia tengah melaksanakan kunjungan ke Kabul Afghanistan bersama ulama dari sejumlah negara OKI juga,” imbuhnya.


Selain Indonesia, sejumlah negara yang sudah mengirimkan ulama ke Afghanistan, yaitu Turki, Republik Guinea, Yordania, Pakistan, Niger, serta Sudan.


Retno menambahkan bahwa Indonesia secara konsisten menekankan pentingnya penghormatan terhadap hak-hak perempuan, termasuk hak atas pendidikan terutama yang berkaitan dengan hak-hak perempuan.


“Dorongan untuk mewujudkan hak perempuan atas Pendidikan sudah beberapa kali didiskusikan dengan Taliban dan negara-negara mitra, termasuk negara-negara anggota OKI. Untuk membantu pendidikan bagi masyarakat Afghanistan, Indonesia bekerja sama dengan Qatar dengan menyepakati sebuah Letter of Intent tentang Providing Humanitarian and Development Assistance for Afghan People,” katanya.


(ADP)

×
Berita Terbaru Update