Notification

×

Iklan

Iklan

Ramadhan, Pandemi Covid-19, dan UMKM

Selasa, 10 Mei 2022 | Selasa, Mei 10, 2022 WIB | Last Updated 2022-05-10T02:08:00Z

  


Oleh : Putri Apriani

Mahasiswa Uhamka


Bulan Ramadhan adalah salah satu bulan yang dinantikan umat muslim yang beriman. Selain dijadikan sebagai ajang mencari pahala sebanyak-banyaknya serta meningkatkan rasa keimanan kita, ternyata Bulan Ramadhan juga dijadikan sebagai ajang meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya penjual takjil di pinggir jalan saat mendekati waktu berbuka. Berbagai macam makanan serta minuman yang mereka jual seperti lontong, gorengan, es buah, dari camilan kecil hingga makanan berat.  

Selain itu, diketahui bahwa Pemerintah Kota berencana menggelar Bazar Ramadhan di masing-masing kelurahan selama Bulan Ramadhan tahun ini. Bazar Ramadhan adalah bazar yang hanya ada di Bulan Ramadhan, biasanya Bazar Ramadhan akan menjual barang-barang yang bertemakan Ramadhan dengan harga yang lumayan murah. 

Namun dalam kegiatan Bazar Ramadhan yang direncanakan, Pemerintah Kota akan menjual beberapa bahan pokok seperti minyak goreng, tepung, beras, gula, daging sapi beku, telur ayam hingga daging ayam. Dalam hal ini, Pemerintah Kota bekerja sama dengan BUMD bidang pangan dan UMKM binaan dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi serta membuka kesempatan para pelaku UMKM untuk mempromosikan barang dagangannya kepada para konsumen agar menarik konsumen untuk membeli produk yang mereka tawarkan.

Seperti yang kita ketahui, bahwa semenjak Pandemi Covid-19 melanda Indonesia, banyak terjadi pengangguran sehingga muncullah kemiskinan. Hal itu dikarenakan banyaknya UMKM yang mengalami kebangkrutan dikarenakan rendahnya minat konsumen serta rendahnya pula kebutuhan pasar. Untuk itu  dengan diadakannya bazar Ramadhan kali ini, setidaknya bisa memberikan sedikit kesempatan bagi pelaku-pelaku UMKM untuk kembali mengepakkan sayapnya dalam berbisnis. 

Bulan Ramadhan adalah bulan keberkahan yang mengandung banyak sekali hikmah, siapa sangka dengan adanya bulan ramadhan para pelaku UMKM menjadi punya pegangan untuk memenuhi kehidupannya. Jika dipikirkan lebih lanjut, tentunya masih banyak hikmah lain dari Bulan Ramadhan. Untuk itu, kita sebagai umat islam yang insyaAllah beriman harus memanfaatkan bulan keberkahan ini dengan sebaik-baiknya.



×
Berita Terbaru Update