Notification

×

Iklan

Iklan

Kerjasama Antara Maladewa dengan Indonesia terkait Pendidikan Tinggi

Sabtu, 21 Mei 2022 | Sabtu, Mei 21, 2022 WIB | Last Updated 2022-05-21T03:42:41Z


Serambiupdate.com Presiden Joko Widodo menyerahkan surat kepercayaan kepada Maladewa melalui Duta Besar RI di Istana Presiden di Male. Dalam pembicaraan bilateral dengan Duta Besar RI, Ibrahim Mohamed Solih selaku Presiden Maladewa berharap Pemerintah Indonesia dapat memberikan peluang bagi warga Maladewa yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi di Indonesia.

Berdasarkan keterangan KBRI Colombo yang diterima di Jakarta, Dubes Dewi menanggapi dengan baik usulan kerja sama di bidang pendidikan tersebut. Ia menyampaikan pendidikan universitas serta pendidikan vokasi yang dikembangkan Indonesia siap untuk dimanfaatkan Maladewa guna meningkatkan kapasitas sumber dayanya. Kamis (19/5/2022)


Presiden Ibrahim juga menekankan pentingnya memperkuat hubungan antara Maladewa dengan Indonesia. Seperti mengeksplorasi bidang-bidang kerja sama baru untuk memperkuat kemitraan dan juga memperkuat dialog bilateral. Dubes Dewi pun sepakat dengan penguatan dialog antara kedua negara itu. Karena dapat mengangkat peluang yang tersedia serta dapat terlaksana.


“Indonesia dengan Maladewa memiliki hubungan sejarah di bidang budaya yang sudah terjalin sejak lama. Ini yang nantinya akan menjadi jembatan kuat dalam meningkatkan aktivitas people-to-people,” ujar Dubes Dewi.


Selain peningkatan hubungan bilateral, pada pertemuan tersebut juga menyepakati tentang perlunya penguatan kerja sama regional dan multilateral. Seperti dalam organisasi PBB, Organisasi Kerja sama Islam (OKI), Non-Blok, Colombo Plan, Archipelagic and Island States (AIS), dan Indian Ocean Rim Association (IORA).

DYL

×
Berita Terbaru Update