Notification

×

Iklan

Iklan

Varian Omicron Terdeteksi di Indonesia

Kamis, 06 Januari 2022 | 1/06/2022 03:11:00 PM WIB | Last Updated 2022-01-06T08:11:47Z


Irna Suwitri 

Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat FIKES Uhamka 


Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengumumkan temuan kasus pertama Covid 19 varian omicron di Indonesia pada Kamis, Kasus pertama omicron ini terdeteksi pada seorang petugas kebersihan berinisial N yang bekerja di RSDC Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta. 


Menkes menjelaskan, kasus varian omicron ini ditemukan pada petugas pembersih di Wisma Atlet yang tidak melakukan perjalanan ke luar negeri. Hasil pemeriksaan whole genome sequencing dari sampel tes PCR yang diambil pada 8 Desember menunjukkan N terkonfirmasi terpapar varian Omicron. Meskin demikian, N dalam kondisi baik dan tanpa gejala dari hasil PCR kedua menunjukkan dia telah negatif Covid-19


Varian Omicron pertama kali diidentifikasi di Afrika Selatan pada November lalu. Negara itu kemudian mencatat kenaikan jumlah kasus Covid. Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa pun teruji positif mengidap Covid-19 dan kini menjalani isolasi dengan gejala ringan. 


Sejumlah negara, termasuk Indonesia, menerapkan larangan perjalanan terhadap warga dari Afrika Selatan dan negara-negara tetangganya menyusul kemunculan Omicron. Namun, Langkah ini gagal menghentikan penyebaran varian itu. 



  

=