Notification

×

Iklan

Iklan

Bangun Kampung Inggris, Uhamka Latih Warga Setu Babakan

07 Januari 2022 | Jumat, Januari 07, 2022 WIB | Last Updated 2022-01-07T11:37:50Z

Serambiupdate.com
 Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA (Uhamka) melaksakan program yang strategis dalam upaya meningkatkan kompetensi masyarakat Indonesia dalam berbahasa Inggris. Perintisan kampung Inggris di Kawasan Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan yang berlokasi di Jakarta Selatan menjadi Program yang diusung oleh Tim pengabdian masyarakat Uhamka yang digawangi oleh Silih Warni, Ph.D., Dr. Tri Wintolo Apoko, M.Pd dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Uhamka. 

Setelah dilakukan sosialisasi, analisis kebutuhan dan perancangan materi yang menitikberatkan pada kemampuan berbicara Bahasa Inggris, kegiatan pelatihan Bahasa Inggris dilaksanakan pada tanggal 28 Desember 2021. Kegiatan ini diikuti oleh 30 peserta remaja anggota karang taruna di Kawasan Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan. Berbagai strategi pelatihan/pembelajaran yang mendorong motivasi belajar Bahasa Inggris dilakukan seperti penggunaan game, role play, dan field trip. Dari pengamatan pelaksanaan kegiatan dan testimoni peserta bisa disimpulkan bahwa peserta sangat bersemangat mengikuti kegiatan dan merasa lebih bisa dan percaya diri menggunakan Bahasa Inggris.

Dalam sambutannya mengawali kegiatan ini, Ketua Pelaksana Kegiatan, Silih Warni Ph.D memberikan motivasi kepada peserta untuk bersungguh sungguh berusaha menguasai bahasa inggris supaya dapat berkontribusi mengenalkan budaya betawi kepada masyarakat internasional. 

"Saya berterima kasih kepada pengelola UPPBB, pemerintah kelurahan Srengseng Sawah, para Ketua RT, Ketua RW dan Karang Taruna di Kawasan Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan yang telah bekerjasama dan bersinergi dengan sangat baik dalam program ini," ujar Silih.

Pembukaan kegiatan Pengbdian Masyarakat dihadiri juga oleh Perwakilan Kelurahan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Ibu Nina Isriawati, sebagai perwakilan Kelurahan Srengseng Sawah, mengungkapkan bahwa kegiatan pelatihan Bahasa Inggris ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi SDM di wilayah Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan.

"dapat dimanfaatkan tidak hanya untuk kepentingan masing-masing prbadi, tetap juga untuk kepentingan pengembangan wisata di daerah Jagakarsa ini," tuturnya.

Di akhir acara pembukaan, H. Imron Yunus, Ketua UPPBB Setu Babakan, memberikan apresiasi kepada pihak Uhamka yang telah memberikan pelatihan bahasa Inggris kepada masyarakat kampung betawi. 

"Perlu diingat bahwa Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang wajib dikuasai oleh masyarakat di Kawasan Setu Babakan, terlebih para generasi muda. Saya harap masyarakat jangan sampai menyia-nyiakan kesempatan mengikuti pelatihan Bahasa Inggris yang sudah dipersiapkan dan diupayakan keberlanjutannya dengan maksimal," ungkap Imron.

Materi pelatihan Bahasa Inggris ini disampaikan oleh Silih Warni, Ph.D. dan Dr. Tri Wintolo Apoko, M.Pd. dengan fokus pada penggunaan ungkapan Bahasa komunikatif bagi calon pemandu wisata seperti welcoming the guests, introduction, showing general and specific information on Betawi Cultural Village, Rules and Etiquette, thanking, dan lain-lain. Selain penyampaian materi, peserta diberikan kuis, evaluasi pelaksanaan kegiatan serta praktik ke lokasi-lokasi wisata seputar kampung budaya Betawi melalui pendampingan lima mahasiswa Prodi Pendiidkan Bahasa Inggris Uhamka.

Kegiatan pelatihan ini telah memberikan dampak positif terhadap persepsi remaja karang taruna tentang Bahasa Inggris, bagiamana belajar Bahasa Inggris dan apa pentingnya belajar Bahasa Inggris. Mereka berharap program ini bisa berkelanjutan dan sejalan dengan program berkelanjutan dari tim pengabdian masyarakat Uhamka untuk merintis kampung Inggris di Kawasan Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan.
=