Notification

×

Iklan

Iklan

Kolaborasi Mahasiswa UMP, UHAMKA dan BABEL Selenggarakan Penghijauan 5000 Pohon di Desa Cipete

Senin, 31 Januari 2022 | 1/31/2022 11:29:00 AM WIB | Last Updated 2022-01-31T04:29:37Z

 


Serambiupdate.com Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) bersama Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA (UHAMKA) dan Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung (UM BABEL) selenggarakan kegiatan Program Penghijauan Desa Cipete 2022, Minggu (30/01). Program ini diadakan oleh perwakilan Mahasiswa KKN- Tematik UMP, UHAMKA dan UM BABEL ini merupakan kolaborasi pertama dari LPPM Universitas Persyarikatan Muhammadiyah.

 

Kegiatan yang bertujuan guna mencegah longsor dan pemulihan sumber mata air yang bertempat di sekitar komplek pemakaman Desa Cipete, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas.

“Dengan adanya penghijauan yang dilakukan mahasiswa KKN yang ada di desa Cipete diharapkan dapat dilanjutkan kembali oleh warga desa setempat agar mendapatkan manfaat dikemudian hari serta dapat melestarikan alam sekitar desa Cipete.” Ungkap Dr H Suwarno MSi selaku Ketua LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) UM Purwokerto.

 

 

Kegiatan yang dihadiri oleh Ketua LPPM UMP Dr H Suwarno MSi (Dosen UMP), Drs Karma Iswata Eka MSi dan Chumaedi Suguhandardji SSi MSi (Dosen Pembimbing Lapangan), Cahoyo, SSi (Sekretaris Desa Cipete), Solikhun (Kasi Kesejahteraan sekaligus Juru Kunci Makam Wali Desa), Abdurohman Sahlan SPt (Kepala Sekolah SDIT Muhammadiyah Cipete), dan Ngarifin AMa (Kepala Dusun III).

 

Cahoyo SSi selaku Sekretaris Desa Cipete dalam sambutannya sampaikan harapan agar kegiatan ini terus berkelanjutan dan bermanfaat untuk kelestarian alam masyarakat Cipete, Cilongok.

“Saya mewakili jajaran perangkat desa mengucapkan terima kasih atas terlaksananya kegiatan ini dari pihak mahasiswa KKN-Tematik UMP, UHAMKA dan UM BABEL, semoga dengan adanya kegiatan ini masyarakat menjadi lebih peduli dengan kelestarian lingkungan sekitar terutama masyarakat desa Cipete.” Jelasnya

 

Kegiatan penghijauan dilakukan dengan menanam beberapa jenis tanaman tanpa buah yaitu Trembesi, Mahoni, Akasia, Jabon, dan lain sebagainya. Kegiatan penghijauan mendapat dukungan dari warga terutama Dusun III terlihar dari antusia warga membawa peralatan lengkap seperti cangkul, sabit, bambu, dan tali rafia.

 

Selain itu, tim mahasiswa KKN Desa Cipete juga memberikan bantuan berupa materil dan moril serta berbagai bantuan yang diperlukan untuk mensukseskan program desa. Mahasiwa KKN-Tematik desa Cipete juga mengucapkan rasa terima kasih atas dukungan dan sarana yang diberikan oleh Kepala SDIT Muhammadiyah Cipete serta wilayah penghijauan di sekitar pemakaman desa Cipete.

 

 

           

=