Notification

×

Iklan

Iklan

Vaksin Covid-19 untuk anak-anak, apakah aman?

Jumat, 14 Januari 2022 | Jumat, Januari 14, 2022 WIB | Last Updated 2022-01-13T18:00:48Z

Karya Abdul Azis

Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat Fikes UHAMKA

 

Covid-19 tak hanya menginfeksi orang dewasa, tetapi juga anak-anak. Pemerintah pun berencana melakukan vaksinasi bagi anak-anak usia 6 -12 tahun untuk memberi perlindungan terhadap mereka. Meski masih  rencana, vaksinasi untuk anak ini dinilai penting, karena anak rentan tertular terhadap virus corona. Pemerintah Indonesia sudah memulai pemberian vaksin Covid-19 bagi anak-anak usia 6-12 tahun. Pemberian vaksin bagi anak usia 6-12 tahun ini bertujuan melindungi mereka dari paparan Covid-19 dan memberikan keamanan saat melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas. Mendapatkan vaksin Covid-19 menjadi sesuatu yang penting karena selain bermanfaat bagi diri sendiri juga bermanfaat bagi orang lain. Secara tidak langsung menerima vaksin, sudah turut menjaga lingkungan terdekat dari virus Covid-19. Menurut tim advokasi vaksin Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) vaksin ini aman dan dapat merangsang kekebalan terhadap Covid-19.

 

Manfaat vaksinasi bagi anak 6-11 tahun


Program vaksinasi Covid-19 diklaim sangat penting sebab memiliki banyak manfaat. Sebagai perlindungan lebih, hendaknya semua orangtua mewajibkan si buah hati mengikuti program vaksinasi. Salah satu dokter dari Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (Undip) Farid Agung Rahmadi mengatakan bahwa manfaat vaksin tak hanya untuk tubuh anak sendiri, tetapi juga untuk keluarga terdekat dan lingkungan di sekitarnya. Terlebih, mengingat anak juga bisa terpapar virus SARS-CoV-2 dan menularkan ke seluruh anggota rumahnya meski anak sendiri tak bergejala apapun.

berikut beberapa manfaat vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun.

Pertama adalah meningkatkan daya tahan tubuh spesifik anak terhadap infeksi Covid-19. Dengan vaksinasi, diharapkan anak yang terkena Covid-19 tidak mengalami gejala berat dan berbahaya. Kedua memperkecil peluang transmisi penularan penyakit Covid-19 dari anak ke orangtua, keluarga, ataupun lingkungan di sekitar anak. Ketiga, mempercepat timbulnya herd immunity atau kekebalan komunal.

Berikut ini beberapa tips tentang cara mempersiapkan anak agar mau melakukan vaksinasi Covid-19, yaitu:

1.     Bertanya keada anak tentang vaksinasi Covid-19

Mulailah percakapan dengan pertanyaan karena anak Anda mungkin tidak menunjukkan pemikiran atau perasaan mereka secara terang-terangan. Hal ini dapat menjadi kesempatan bagi orang tua untuk mendengarkan hal yang mungkin sudah diketahui anak tentang vaksinasi.  Pastikan ketika memulai percakapan, Anda memiliki cukup waktu dan ruang yang nyaman bersama anak. Waktu menjadi sangat penting dalam membantu anak memproses informasi ini. 


2. Memberi Tahu Anak tentang Detail Pelaksanaan Vaksinasi

Jelaskan secara rinci tentang apa yang akan terjadi dan kemana anak akan pergi. Hal ini ditujukan agar anak dapat memvisualisasikan pengalaman sebelumnya. Pikirkan tentang apa yang akan mereka lihat, dengar, dan rasakan. Misalnya, jelaskan secara rinci tentang prosedur pendaftaran dan mengantri, protokol kesehatan di tempat vaksinasi, dan bagian tubuh mana yang akan mendapatkan suntikan.


3. Jelaskan Alasan Pentingnya Vaksin Covid-19

Jelaskan terkait bahaya virus corona dan pentingnya vaksin untuk mencegah penularan yang berakibat buruk bagi kesehatan. “Kami suka menggambarkan vaksin sebagai perisai superhero untuk melindungi kita dari penyakit yang disebabkan oleh kuman,” kata Mary.  Sebagian besar anak telah menerima vaksin untuk penyakit lain. Hal ini bermanfaat untuk memberi gambaran terhadap mereka, sehingga tidak terasa baru dan menakutkan.


Dengan diadakannya vaksinasi bagi anak 6 -11tahun dari pemerintah ini yang dimana bertujuan untuk melindungi dan mempercepat terciptanya kekebalan komunal. Pemerintah dengan hal ini berkomitmen memastikan ketersediaan vaksin dan sangat mengharapkan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan vaksin untuk kelompok umur ini. Kepada para orang tua, jangan ragu. Ayo bantu anak- anak kita mendapatkan vaksinasi COVID-19. Melindungi anak-anak berarti juga melindungi seluruh keluarga kita,


×
Berita Terbaru Update