Notification

×

Iklan

Iklan

Seberapa Penting Public Speaking Itu?

Minggu, 14 November 2021 | Minggu, November 14, 2021 WIB | Last Updated 2021-11-14T13:00:48Z

 Robiyatul Hadawiyah

Mahasiswa Kesehatan Masyarakat FIKES UHAMKA












Definisi Public Speaking

Apa yang kamu ketahui tentang public speaking?

sebuah cara komunikasi untuk menyampaikan pesan atau informasi di depan khalayak atau sekelompok orang. Umumnya, public speaking bertujuan untuk menyampaikan berbagai informasi, menghibur orang, dan juga mengajak atau mempengaruhi khalayak.


Menurut kamu seberapa penting kah kemampuan public speaking itu? Public speaking memiliki dampak yang luar biasa,karena sangat relevan dalam kehidupan sehari-hari,mulai dari wawancara kerja,beasiswa, presentasi project atau materi,dsb. Tak heran kemampuan ini sangat di dambakan,selain itu seseorang yang memiliki kemampuan public speaking memiliki nilau plus di mata banyak orang, karena dari apa yang disampaikannya dapat mempengaruhi seseorang.


public speaking sama seperti pelajaran lainnya, bisa dipelajari dan dilatih, karena public speaking adalah keterampilan. Semakin sering kita melakukannya maka kita semakin terampil dan percaya diri.


Manfaat Menguasai Public Speaking

Ada banyak manfaat yang dapat diperoleh ketika kita telah menguasai soft skill satu ini. Berikut penjelasan mengenai beberapa manfaat public speaking.


  1. Mengembangkan diri pribadi

kita tidak perlu ketakutan setiap kali menghadapi kemungkinan diminta berbicara di depan orang banyak, baik di dunia kerja ataupun di lingkungan keluarga. Kita juga dapat menyampaikan ide kita kepada orang lain secara lebih efektif hingga memberi kepuasan bahwa ide kita diterima atau diterapkan. Semakin banyak kita berlatih maka semakin baik kita mempresentasikan ide di depan orang lain. Kita pun akan semakin percaya diri karena ide kita lebih sering didengar dan diterima orang.


  1. Mempengaruhi dunia sekitar kita

Perubahan yang terjadi di masyarakat sering kali berawal dari ide satu orang yang ditularkan kepada orang-orang lain. Bila kita memiliki keterampilan public speaking maka kita akan lebih mudah dapat mempengaruhi orang-orang lain supaya menerima dan melaksanakan ide kita, yang menghasilkan perubahan kelompok tersebut.


  1. Meningkatkan karir

bila rekan kerja dan atasan melihat kita terampil berbicara di orang-orang lain, mereka akan melihat kita sebagai orang yang memiliki kredibilitas tinggi hingga kesempatan promosi lebih terbuka lebar.


Tips Supaya Lancar saat Public Speaking

Setelah mengetahui pengertian dan manfaat dari public speaking,apakah kamu tertarik untuk menjadi public speaker? bagi kamu yang ingin menjadi public speaker ada beberapa tips yang perlu diketahui. Simak tips melakukan public speaking yang baik dan benar berikut ini.

  1. Persiapan Public Speaking

Sebelum menyampaikan sesuatu,sebaiknya kita bisa menguasai materi yang akan di sampaikan,Jangan pernah hanya memiliki bahan apa adanya dan berbicara tanpa menguasai apa yang disampaikan. Kita dapat menggunakan formula 5W+1H dalam persiapan


  1. Bicara dengan Perlahan

Jika pembicara berbicara dengan tempo yang perlahan maka audiens akan lebih mudah memahami apa yang di sampaikan oleh pembicara,karena akan terdengar jelas dan tidak memberi kesan buru-buru


  1. Pemilhan Kata yang Tepat

Pemilihan kata harus disesuaikan dengan audiens dan acaranya. Apabila audiens acara tersebut anak-anak atau remaja,maka kita bisa menggunakan bahasa yang sederhana. Kemudian sangat penting juga melihat acara yang diadakan apakah sifatnya santai,semi formal,atau formal


  1. Melatih Gaya Tubuh

Dengan melatih gaya tubuh membuat penyampaian pesan tidak terlihat kaku. Komunikasi non verbal perlu dilatih karena dengan mengkombinasikannya bersama komunikasi verbal akan memberikan penjelasan pesan yang lebih maksimal. Seperti permainan tangan saat menjelaskan materi, ekspresi wajah, eye contact, dan posisi tubuh.


  1. Tetap Tenang

Dimanapun kita berada ada saja seseorang yang memancing emosi,dan terkadang orang yang tidak dapat mengontrol emosi bisa saja melontarkan perkataan yang tidak berhubungan dengan topik pembicaraan. Contohnya mencari kesalahan lawan bicara untuk menyerang balik secara personal. Sebaiknya hal tersebut dihindari,dan kita harus tetap tenang dan kekesalan merupakan hal yang dilarang karena menciptakan pembicaraan yang tidak logis serta menghambat jalannya acara.


Public speaking adalah skill yang sangat bermanfaat untuk dimiliki baik untuk di kehidupan sehari-hari bahkan di dunia kerja. Tak hanya itu, ada beberapa skill dasar lainnya yang perlu dimiliki oleh seorang karyawan perusahaan. Semoga kamu yang telah membaca ini bisa menjadi public speaker yang hebat

×
Berita Terbaru Update