Notification

×

Iklan

Iklan

Pemerintah Mendukung Pembelajaran Musik Tradisi Nusantara dalam Pendidikan Indonesia

Selasa, 09 November 2021 | Selasa, November 09, 2021 WIB | Last Updated 2021-11-09T02:20:42Z


Serambiupdate.com
 Dalam hasil rekomendasi Kongres Musik Tradisi Nusantara yang dihelat pada September 2021, telah diterima oleh Nadiem Makarim selaku Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek). Kongres tersebut menghasilkan rekomendasi untuk menyediakan pembelajaran musik tradisi dalam setiap jenjang pendidikan.

 

Nadiem menyebutkan bahwa pemerintah akan mendorong pelaksanaan pembelajaran musik tradisi dalam pendidikan formal dan informal, dari jenjang pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga Sekolah Luar Biasa (SLB).

 

“Musik tradisi nusantara akan menstimulasi anak-anak Indonesia untuk menanamkan pada diri mereka bahwa mereka adalah pewaris seni dan budaya di masa depan,” sebutnya dalam webinar Hari Angklung se-Dunia, Senin (8/11).

 

Menurut Nadiem apabila musik tradisi sudah memasuki kurikulum pendidikan, maka pelestarian budaya akan lebih mudah. Para peserta didik yang akan melestarikan budaya dengan kearifan lokalnya masing-masing. Namun implementasi musik tradisi dalam pendidikan harus diupayakan bersama-sama dan membutuhkan dorongan dari berbagai pihak.

 

“Saya meyakini bahwa kita akan menjadi bangsa yang tangguh apabila kita mampu melestarikan dan memajukan budaya kita karena keragaman budaya kita adalah kekayaan kita yang sebenarnya. Mari kita terus jadikan Indonesia bahagia dengan Merdeka Belajar dan Merdeka Berbudaya,” ujarnya.

×
Berita Terbaru Update