Notification

×

Iklan

Iklan

Coping pada Remaja yang Kecanduan Game Online

Minggu, 14 November 2021 | Minggu, November 14, 2021 WIB | Last Updated 2021-11-14T15:02:14Z

Salwa Nazyra

Mahasiswa Kesehatan Masyarakat FIKES UHAMKA


Masa remaja artinya masa transisi dari anak-anak hingga menuju dewasa yang di dalamnya terjadi perubahan fisik dan perubahan psikologis. Serta pula terjadi perubahan fundamental yang sangat berpengaruh terhadap keberadaan dan peranya dalam berbagai dimensi kehidupan. Perubahan-perubahan itu antara lain mencakup jasmani, rohani, pikiran, perasaan, serta sosial yang dapat menunjukkan sikap dan perilaku berbeda dari masa sebelumnya yaitu masa kanak-kanak.

Pada masa remaja juga akan mulai timbul rasa ingin memahami yang cukup tinggi yang menyebabkan remaja tersebut mencoba hal-hal yang baru, serta mengikuti isu terkini yang sedang booming di lingkungan teman sebayanya, salah satu isu terkini tersebut adalah game online. Game online adalah jenis permainan yang berbasis elektronik visual dengan memanfaatkan jaringan internet sebagai medianya.

Game online memiliki perbedaan yang relatif jelas dan jauh dengan game lainnya, contohnya para pemain game online tidak hanya bermain dengan orang yang berada di dekatnya saja namun juga bisa bermain dengan pemain lain yang berada di tempat yang berbeda-beda. Terdapat beberapa alasan mengapa seseorang bermain game online, yaitu untuk menaikkan mood, mengurangi stres serta depresi, membantu proses pembelajaran dalam bidang tertentu, dan meningkatkan kemampuan motorik individu.

Pada permasalahan yang dialami dari dampak bermain game online, yaitu lupa waktu karena terlalu lama keasyikan bermain, masalah keuangan, dan pola hidup yang tidak sehat. Untuk itu cara mengatasinya adalah para remaja dapat melakukan coping atau tindakan guna menyelesaikan permasalahan yang dialaminya, seperti mengatur waktunya bermain game, berusaha mengurangi bermain game, hingga memaksakan diri untuk berhenti bermain game.




×
Berita Terbaru Update