Notification

×

Iklan

Iklan

SMK IT Aisyiyah Menjadi Salah Satu Sekolah Tujuan untuk Melakukan Kegiatan PLP 1 Mahasiswi Pendidikan B. Inggris FKIP UHAMKA

Sabtu, 09 Oktober 2021 | 10/09/2021 08:32:00 AM WIB | Last Updated 2021-10-10T01:37:06Z

Serambiupdate.com Kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan atau biasa disebut dengat PLP 1  adalah tahapan pertama dalam kegiatan pengenalan lapangan persekolahan atau pemagangan yang di lakukan oleh mahasiswa dan mahasiswi semester 5 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (FKIP Uhamka), kegiatan ini adalah mata kuliah wajib yang di tempuh pada mahasiswa dan mahasiswi  semester 5 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (FKIP UHAMKA), kegiatan PLP 1 ini  bertujuan untuk mengetahui karakteristik peserta didik, struktur organisasi tata tertib dan kegiatan-kegiatan yang ada pada sekolah.


Pada Selasa, 28 dan 29 September 2021, mahasiswi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UHAMKA semester 5 yang berjumlahkan 7 orang  telah mendatangi salah satu sekolah di daerah Jakarta Selatan. SMK IT Aisyiyah menjadi pilihan kelompok untuk melakukan kegiatan PLP 1 (Perkenalan Lapangan Persekolahan 1). Kegiatan tersebut berupa observasi yang dilakukan dengan mewawancarai kepala sekolah dan guru pamong. Karena dilaksanakan ditengah pandemi COVID-19, kegiatan tersebut tidak lupa dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan seperti menggunakan masker dan mencuci tangan.


SMK IT Aisyiyah adalah sekolah kejuruan broadcasting yang dipimpin oleh kepala sekolah bernama Rudi Hartono, S.Pd.I. SMK IT Aisyiyah ini terletak di  Jl. Aselih No.9, RT.9/RW.1, Cipedak, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12630.


Dalam kegiatan tersebut bapak kepala sekolah memberitahu bahwa di sekolah tersebut, karakteristik spiritual atau keagamaan lebih ditenkankan pada praktek-praktek ibadah seperti solat berjama’ah dan tadarus Al-qur’an sebelum memulai kelas. “Kita adakan kegiatan-kegiatan praktek tersebut karena kami ingin melembutkan hati peserta didik disini. Bagaimana kita ingin membangun sikap yang bagus, membangun karakter yang bagus tetapi hati nya keras?. Sikap yang bagus akan muncul ketika hatinya lembut. Dan ketika hatinya lembut, saat kita memberikan arahan apapun mereka akan mengikutinya” Tutur kepala sekolah.


Dengan diadakannya program Pengenalan Lapangan  Persekolahan 1 ini secara tidak langsung mahasiswa dapat melakukan  serta membangun team work antar mahasiswa lainnya, dan mendapat pengetahuan serta kemampuan untuk mengembangkan potensi diri mahasiswa.

=