Notification

×

Iklan

Iklan

Serba Serbi Deskripsi Sekolah Dasar dalam Pengenalan Lingkungan Persekolahan (PLP 1) di SDN Jatirahayu VIII

Jumat, 08 Oktober 2021 | 10/08/2021 05:21:00 PM WIB | Last Updated 2021-10-08T10:21:03Z

  


 

Serambiupdate.com Kegiatan PLP 1 yang dilaksanakan pada Jumat, 24/09/2021 melakukan observasi dan wawancara terkait lingkungan sekolah bersama Kepala Sekolah Ibu Dedeh Kurniati,S.Pd.MM SDN Jatirahayu VIII dan Guru Pamong Bapak Suwardo,S.Pd.MM. Kegiatan yang dibimbing Dr. Siti Hajar, S.Pd, M.Pd . Mahasiswa semester 5 Program Studi PGSD, FKIP Uhamka yaitu Tazkiyatun Nafisah, Faaizatun Naadhiroh, Michiko Aulia Nur Azizah,Nabila Az Zahra, Intan Rachmawati, Siti Syamsiah, Zalfa Nurul Azrina melakukan kegiatan PLP 1 yang bertujuan untuk mempelajari pengelolaan dan aspek pendidikan yang terdapat disebuah satuan Pendidikan khususnya di Sekolah Dasar. Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Uhamka melaksanakan kegiatan pengenalan lingkungan persekolahan (PLP1) sebagai program awal yang dilaksanakan oleh mahasiswa semester 5 untuk lebih memahami observasi atau pengamatan dan pemagangan yang akan dilaksanakan pada semester 7.

 

SD Negeri Jatirahayu VIII Bekasi  menjadi  sebuah lokasi sasaran untuk melaksanakan PLP 1 ini dengan alasan lokasinya strategis bagi mahasiswa yang berdomisili sekitar bekasi. Alasan lain pemilihan SD ini adalah salah satu guru yang mengajar di sekolah tersebut merupakan alumni FKIP Uhamka.Melihat hal tersebut, berarti Uhamka telah berhasil mencetak lulusan sebagai generasi unggul dan alumni berprestasi yang sudah tersebar luas di daerah di seluruh Indonesia, salah satunya bekasi, dan memiliki lulusan yang mengabdikan ilmu dan praktis di dunia kerja secara nyata.

 

Kedatangan kami disambut dengan baik oleh seluruh warga sekolah. SDN JATIRAHAYU VIII menerapkan protokol kesehatan dengan sangat ketat. Sebelum masuk ke wilayah sekolah, kami diwajibkan untuk tes suhu tubuh terlebih dahulu dan selalu menjaga jarak dan tidak berkerumun. Pandemi covid 19 membawa berbagai dampak dalam pemberian layanan pendidikan, begitu juga pada jenjang pendidikan di sekolah dasar. Hasil wawancara kami dengan kepala sekolah, dijelaskan bahwa ada beberapa kendala yang dirasakan oleh para guru dalam kegiatan belajar mengajar selama daring. Khususnya dalam menerapkan kedisiplinan belajar siswa  selama belajar di rumah.

 

Bentuk penerapan sikap disiplin pada anak selama belajar di rumah yaitu "guru selalu mengkomunikasikan dan bekerjasama dengan orang tua siswa untuk membantu mengontrol kegiatan belajar siswa di rumah". Selain kedisiplinan yang di terapkan di sekolah SDN Jatirahayu VIII ini juga menerapkan dan membiasakan seluruh warga sekolahnya untuk mentaati peraturan dan tata tertib sekolah. Selama daring siswa belajar melalui komunikasi antara guru dengan orang tua siswa untuk mengajar dan membantu mengontrol kegiatan belajar siswa di rumah. Pihak sekolah menjelaskan salah satu kendala yang di alami oleh para guru dalam kegiatan belajar mengajar selama daring maupun luring jika tidak bersinergi antara guru dan orang tua murid.

 

Pada kegiatan PLP 1 ini kita di ajarkan untuk mengenal lingkungan sekitar sekolah yang dimana terdapat berbagai macam tata tertib dan kegiatan belajar di sekolah. Kegiatan PLP 1 dapat menjadi gambaran untuk mahasiswa FKIP khususnya, agar lebih bisa mengenal lapangan persekolahan itu seperti apa sebelum mahasiswa latihan praktek mengajar.

 

=