Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa PGSD FKIP Uhamka Adakan Kegiatan PLP 1 di SDN Pademangan Barat 01 Jakarta Utara

Minggu, 10 Oktober 2021 | 10/10/2021 10:31:00 PM WIB | Last Updated 2021-10-10T15:31:38Z


Serambiupdate.com
Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UHAMKA mengadakan kegiatan Pengenalan Lingkungan Persekolahan 1 (PLP 1) pada tanggal 1-Oktober-2021, di SDN PADEMANGAN BARAT 01 JAKARTA UTARA. Kegiatan PLP 1 ini di laksanakan di masa pandemik dengan mematuhi protokol kesehatan yang sangat ketat untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.


SDN PADEMANGAN BARAT 01 JAKARTA UTARA yang berlokasi di Jl. Ampera 4 No.1, RT.3/RW.9, KelurahanPademangan Barat, Kecamatan Pademangan, Kota JakartaUtara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14420, menjadi sasaran dalam kegiatan ini dikarenakan lokasi yang sangat strategis dan dekat dengan tempat tinggal mahasiswa.


Kegiatan PLP 1 merupakan kegiatan wajib yang dilakukan oleh mahasiswa semester 5 untuk memahami proses pengamatan atau observasi yang dilakukan untuk mempelajari aspek pembelajaran dan pengelolaan pendidikan di satuan pendidikan. Serta dapat memahami struktur organisasi sekolah sampai dengan kegiatan – kegiatan yang ada disekolah tersebut. Kegiatan ini di bimbing oleh dosen pembimbing yaitu bapak Drs. Kusmadjid Abdullah, M.Pd. Bersama dengan 5 Mahasiswinya yaitu Deka Nurfadilla, Hayana Wulandary, Lidya Januarsih, Nurazizah, dan Umi Kulsum.


SDN PADEMANGAN BARAT 01 memiliki keunggulan fasilitas yaitu dimana memilki taman literasi, yang diharapkan agar siswa/i gemar membaca. Pada saat wawancara dengan kepala sekolah SDN PADEMANGAN BARAT O1 JAKARTA UTARA , Ibu Junengsih, S.Pd. Selaku Kepala Sekolah menjelaskan bahwa ”Saat masa pandemi seperti saat ini kegiatan belajar mengajar di SDN PADEMANGAN BARAT 01 diadakan 100% daring melalui Wa Grup , Class Room dan Zoom Meeting. Dan terdapat Taman Literasi di area SDN PADEMANGAN BARAT 01 yang dimana digunakan sebagai sarana taman baca untuk siswa-siswi , agar gemar membaca. Yang dimana membaca merupakan sumber ilmu pengetahuan”


Tidak hanya itu, peserta didik di sekolah SDN PADEMANGAN BARAT 01 ini memiliki prestasi dalam bidang akademik maupun non akademik. “Prestasi yang dicapai dalam lomba Pantomim festival lomba seni siswa nasional sekolah dasar menempati Juara 1 ”ucap ibu Junengsih, S.Pd selaku Kepala Sekolah SDN PADEMANGAN BARAT 01


Upaya yang dilakukan saat pembelajaran daring menjadi menarik di SDN PADEMANGAN BARAT 01 membuat pembelajaran daring menjadi lebih menarik “karena guru-guru SDN PADEMANGAN BARAT 01 yang kreatif dengan menggunakan pembelajaran sambil bermain seperti menggunakan quizizz dan live work sheet, yang dapat menumbuhkan semangat belajar anak dan tidak dapat membuat anak menjadi jenuh maupun bosan dalam pembelajaran daring” ucap Ibu Yeni Sri Handayani ,S.Pd selaku Guru Pamong. Dikarenakan selama pembelajaran daring membuat anak menjadi tidak fokus dalam pembelajaran maka dari itu guru-guru SDN PADEMANGAN BARAT 01 membuat pembelajaran seperti itu.


Harapan kami dengan adanya kegiatan Pengenalan Lingkungan Persekolahan 1 (PLP 1) ini kita sebagai Mahasiswa Ieguruan dan ilmu Pendidikan dapat mengetahui  terkait problemtika yang dihadapi oleh sekolah, peserta didik, dan guru, serta cara untuk mengatasi permasalahan tersebut. Sesuai dengan tujuan dalam kegiatan Pengenalan Lingkungan Persekolahan 1 (PLP 1) yaitu untuk membangun landasan jati diri pendidik sesuai dengan panduan program PLP Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

=