Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa Matematika FKIP Uhamka Melaksanakan PLP 1 Tatap Muka di SMA Budhi Warman 1 Kramat Jati

09 Oktober 2021 | Sabtu, Oktober 09, 2021 WIB | Last Updated 2021-10-09T04:13:31Z


Serambiupdate.co Mahasiswa semester 5 Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UHAMKA yang terdiri dari 6 orang dalam satu kelompok diketuai oleh Nurul Fathonah Najla dan beranggotakan Alya Zulkhoirunnisa, Ayu Budi Cahayani, Maharani Arista Putri, Salwa Mahesa, Zuhrufatun Nafisah dengan dosen pembimbing bapak Dr. Samsul Ma’arif, M.Pd. Telah melaksanakan kegiatan PLP (Pengenalan Lapangan Persekolahan) yang dimulai pada tanggal 27 September 2021. Pada PLP kali ini sekolah yang kami tuju adalah sekolah SMA Budhi Warman 1 yang terletak di Kramat Jati kota Jakarta Timur.

Adapun tujuan dari program Pengenalan Lapanga Persekolahan kali ini yaitu lebih banyak mendapatkan pemahaman baru bagaimana mengelola suatu sekolah, mulai dari menentukan tujuan sekolah dengan menyusun visi dan misi untuk menjalankan kegiatan organisasi sekolah.

Kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan tahun ini dibagi menjadi beberapa tahap kegiatan. Pertama, pihak kampus melakukan persiapan dengan koordinasi antara kampus dengan sekolah (23 September - 4 Oktober 2021). Kemudian, pihak kampus memberikan pembekalan dan pelatihan PLP pada mahasiswa (12 September 2021). Setelah itu, mahasiswa baru akan terjun ke lapangan (27-29 September 2021).

Wawancara ini sendiri dibagi menjadi pengenalan kultur, Struktur organisasi sekolah, “Struktur organisasi SMA Budhi Warman 1 dimulai dari ketua yayasan mempercayakan kepada wakil kepala bagian pendidikan, lalu kepada kepala sekolah, tata usaha dan seterusnya. Setiap hari kami dipantau oleh wakil kepala bagian pendidikan di SMA Budhi Warman 1. Sebagai kepala sekolah mempunyai tugas mengkoordinir setiap harinya seperti tata usaha dan guru-guru”. Tutur Pak Redi Rudiana selaku kepala sekolah

Dalam kegiatan pembelajaran SMA Budhi Warman 1 menurut ibu Lailatul Hamdi’ah selaku guru matematika “Kegiatan pembelajaran menggunakan modul tersendiri, tidak menggunakan platform lain. Kita sudah menyiapkan E-Learning untuk SMA Budhi Warman 1, disitu sudah tertera semacam google meet, pengumpulan untuk tugas, absen dan yang lain. Kegiatannya sudah hampir sama ketika tidak pandemi. Jadi siswa itu jam 6 - 7 sudah absen. selama tidak pandemi biasanya absen masuk kelas masing masing. Ketika jam pelajaran matematika dimulai dari jam 7 - 9 biasanya kalau saya memberikan waktu untuk absen hanya 30 menit. Jadi dari jam 07.00 - 07.30 anak bisa absen, ketika sudah 07.31, sudah tidak bisa absen, keterangannya tidak hadir. Biasanya 1 hari itu ada 4 absen, 1 absen sekolah dan 3 nya absen mata pelajaran. Hampir sama dengan sebelum pandemi, bedanya tidak tatap muka, untuk tatap muka kita menggunaka zoom. Diadakan nya hanya sebulan 2 kali, sudah ada jadwalnya dikelas masing masing”.

Dalam kegiatan ini kami merasa sangat bersyukur karena berkat diadakannya program pengenalan lapangan persekolahan, kami mendapat banyak ilmu dan juga pengalaman yang belum pernah kami ketahui sebelumnya. Dan kami berterimakasih kepada pihak-pihak yang mendukung kegiatan pengenalan lapangan persekolahan. Semoga hubungan antara Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka dan SMA Budhi Warman 1 dapat terjaga dengan baik.


=