Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa FKIP UHAMKA Melaksanakan Kegiatan PLP 1 Di SDN Susukan 06 Pagi Untuk Mempersiapkan Diri Sebagai Guru Profesional

Rabu, 06 Oktober 2021 | 10/06/2021 11:16:00 PM WIB | Last Updated 2021-10-06T16:16:33Z


Serambiupdate.com
Sejumlah mahasiswa UHAMKA dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar telah melaksanakan kegiatan Pengenalan Lingkungan Persekolahan (PLP1). Pengenalan Lingkungan Persekolahan tersebut merupakan proses pengamatan/observasi yang dilakukan mahasiswa program sarjana pendidikan untuk mempelajari aspek pembelajaran dan pengelolaan pendidikan di satuan pendidikan. Pengenalan Lapangan Persekolahan 1 dilaksanakan dibawah bimbingan dan pengawasan dari dosen pembimbing. Pelaksanaan PLP 1 ini bersifat berkelompok, dimana satu sekolah akan menerima satu atau dua kelompok yang akan melakukan PLP 1 yang berlangsung selama dua minggu yaitu pada tanggal 20 September – 04 Oktober 2021.

 

SDN Susukan 06 Pagi menjadi sekolah yang kami pilih untuk melaksanakan kegiatan Pengenalan Lingkungan Persekolahan 1. Kelompok kami terdiri dari 1 ketua kelompok dan beranggotakan 5 mahasiswa, Putri Rianti selaku ketua kelompok dan anggota diantaranya Nur Fadhila, Hilya Azra Azizah, Dian Mutiara Natasya, Faunia Andesta, Tiur Br Ambarita.

 

SDN Susukan 06 Pagi merupakan sekolah dasar negeri yang sudah terakreditasi A dengan NPSN 20103447 dan menggunakan kurikulum 2013. Sekolah ini terletak di RT.8/RW.5, Susukan, Kec. Ciracas, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, 13750. Kepala Sekolah di SDN Susukan 06 Pagi bernama Mujiono, M.pd dengan NIP. 196512131986031006.

 

Sebagai kepala sekolah di SDN Susukan 06 Pagi beliau selalu menanamkan karakteristik yang baik untuk peserta didiknya. Menanamkan karakteristik yang baik dengan melakukan pembiasaan, contohnya seperti sebelum pandemi SDN Susukan 06 Pagi melakukan kegiatan apel pagi, menyanyikan lagu Indonesia raya atau lagu wajib nasional, berdoa, dan bersalaman kepada guru ketika hendak masuk kelas, selain itu setiap hari Kamis sekolah tersebut melakukan senam bersama dan di hari Jumat melakukan siraman rohani seperti mendengarkan tausiah dari guru agama. Namun selama pandemi ini tausiah di lakukan melalui zoom secara bergantian.

 

Peraturan dan tata tertib di SDN Susukan 06 Pagi selalu dijalankan dengan baik. Dengan jam masuk sekolah pukul 07:00 dan pulang sekolah pukul 12:00. “Apabila terjadi pelanggaran dengan salah satu contoh tidak masuk sekolah beberapa hari guru akan menegurnya, dan di panggil orang tuanya, lalu diberi himbauan, dan jika terjadi pelanggaran terus menerus dan tidak ada perubahan maka konsekuensinya KJP akan dicabut, tapi sebelumnya pihak sekolah memberikan arahan, dan teguran terlebih dahulu kepada orang tua siswa.” Ucap Mujiyono,M.pd selaku kepala sekolah SDN Susukan 06 Pagi.

 

Semenjak adanya covid 19 kegiatan pembelajaran dilakukan dirumah melalui aplikasi zoom, google classroom dan whatsapp grup. Kegiatan tersebut membuat peserta didik bosan dan pelajaran tidak tersampaikan dengan baik, karena adanya berbagai macam kendala yang dihadapi setiap siswa. Menurut Larassih, S.Pd selaku guru pamong “untuk memberikan pemahaman kepada peserta didik yang memang mengalami kendala yaitu dengan membimbing melalui pendekatan, terkadang melakukan vidio call terhadap murid dan orang tua murid, memberikan kepada murid kasih sayang karena guru pun tidak bisa membimbing secara maksimal karena tidak bertatap muka secara langsung.”

 

Dengan diadakannya program Pengenalan Lapangan Persekolahan 1 ini secara tidak langsung mahasiswa dapat mempersiapkan diri sebagai calon pendidik atau guru profesional dengan mengetahui lingkungan persekolahan. para mahasiswa diharapkan dapat memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan bidang studi yang disertai dengan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir tingkat tinggi.

=