Notification

×

Iklan

Iklan

Lebih dekat dengan Perguruan Muhammadiyah, Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Uhamka Kunjungi SMA Muhammadiyah 4 Jakarta dalam Mengenal Kultur Sekolah

10 Oktober 2021 | Minggu, Oktober 10, 2021 WIB | Last Updated 2021-10-10T15:10:58Z


Serambiupdate.com Melalui kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP), sejumlah mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UHAMKA melaksanakan kegiatan observasi lapangan ke SMA Muhammadiyah 4 Jakarta untuk menelusuri dan mengenal kultur di sekolah tersebut. Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UHAMKA yang bernama Muhammad Naufal Afif, Syahdan Satria Adila, Ananda Nurputri Azzahra, Noviantika Tyas Titi Sari, Nona Himana Brillian dan Ahmad Fauzan Muzzaki, memilih untuk melakukan kegiatan PLP di salah satu sekolah Muhammadiyah Jakarta agar dapat mempererat tali silaturahmi dan saling mendukung antar sesama perguruan Muhammadiyah yang bergerak di bidang Pendidikan.


Pengenalan Lapangan Persekolahan merupakan program kegiatan wajib yang dilakukan oleh seluruh mahasiswa semester 5 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UHAMKA sebagai permulaan para mahasiswa calon guru agar dapat mengenal lebih mendalam mengenai lingkungan sekolah sebelum melakukan observasi tingkat lanjut dengan melakukan kegiatan belajar mengajar secara bertatap muka dengan siswa-siswa di sekolah.


Observasi dilakukan dengan mengunjungi SMA Muhammadiyah 4 Jakarta untuk mengenal lingkungan sekolah secara keseluruhan melalui wawancara kepala sekolah dan guru biologi di sekolah tersebut. Kegiatan PLP tetap dilakukan menggunakan protokol kesehatan yang ketat. Selain itu, ketika mengunjungi sekolah tersebut, seluruh siswa melakukan kegiatan pembelajaran secara daring dari rumahnya masing-masing. Pembelajaran daring di SMA Muhammadiyah menggunakan apklikasi Smart Shool yang dimana aplikasinya seperti pembelajaran tatap muka dan Walaupun ditengah wabah Covid-19, SMA Muhammadiyah 4 Jakarta tetap istiqamah dan memunculkan inovasi-inovasi terbaiknya demi keberlangsungan proses pembelajaran yang baik dan efektif.


Siswa/siswi SMA Muhammadiyah 4 jakarta berkarakteristk dengan baik, upaya yang dilakukan oleh sekolah yaitu diberlakukan nya MPLS (Masa pengenalan lingkungan sekolah) diawal masuk sekolah, dan mereka dibekali wawasan kebangsaan, disiplin, edukasi mengenai bahaya narkoba, selain itu terdapat kegiatan fortasi atau from taaruf orientasi yang kegiatan nya yaitu orientasi sekolah.


Selama pandemi covid-19 diberlakukan nya tata tertib pembelajaran daring contohnya seperti pada saat dimulainya kmb pada pukul 6:30 dilanjut dengan tahfiz qur’an dipandu melalui zoom. kemudian, jam 7 dimulai proses pembelajaran. Ekstrakulikuler disekolah SMA Muhammadiyah 4 jakarta selama pandemi covid-19 ditiadakan, tetapi ekstrakulikur yang berjalan hanya hisbul waton (pramuka), karena hisbul waton program wajib yang harus ada dirapot, jika tidak ada maka rapot tidak bisa di cetak, akan tetapi ektrakulikuler hisbul waton dilakukan secara daring melalui zoom

=