Notification

×

Iklan

Iklan

Cara Meningkatkan Kecerdasan Otak

11 Oktober 2021 | Senin, Oktober 11, 2021 WIB | Last Updated 2021-10-11T11:36:08Z



Karya Andhini Kusuma Arum 

Mahasiswa S1 Bahasa Inggris FKIP Uhamka

Otak kita merupakan bagian terpenting dalam tubuh. Tanpa adanya otak, maka tubuh kita tidak akan berfungsi dikarenakan semua aktivitas yang dilakukan oleh anggota tubuh dikendalikan oleh otak. Otak merupakan tempat berkembangnya jutaan sel yang berguna bagi tubuh kita. Otak juga merupakan tempat berpikir manusia. Seringkali, otak memerlukan latihan layaknya otot yang dimiliki di dalam tubuh agar kecerdasan otak bisa meningkat. Otak yang sering dilatih akan menjadi terampil dan konsentrasi dalam berpikir. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk melatih otak jika kita ingin menjadi terampil dan lebih berkonsentrasi dalam belajar ataupun melakukan hal penting lainnya. 

Ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan kecerdasan otak. Salah satunya adalah belajar hal baru. Kita bisa mencoba belajar hal-hal yang kita sukai atau sesuai dengan hobi kita. Hal tersebut akan melatih otak kita menjadi lebih mumpuni dalam menangkap sinyal-sinyal yang diterima oleh otak. Contohnya saja ada seseorang yang gemar menyanyi, lalu dia menyalurkan bakatnya tersebut dengan cara merekam dirinya bernyanyi. Dari bernyanyi tersebut, orang itu akan mempunyai kecenderungan untuk mempelajari hal lain yang berhubungan dengan bakat bernyanyinya. Misalnya, untuk mendukung bakat menyanyinya, orang itu akan mencoba untuk belajar instrumen musik. Hal yang orang itu lakukan untuk mendukung bakat bernyanyinya, ternyata bisa mengaktifkan otak kanannya yang berfungsi untuk memberikan apresiasi seni. 

Otak kanan sudah teraktifasi, lalu bagaimana dengan otak kiri? Kita bisa melatih otak kiri kita dengan membaca buku bacaan atau menghitung. Jika kita suka matematika atau hitung-hitungan, maka cobalah untuk mengikuti kursus menghitung. Jika sudah mahir dalam menghitung, kita bisa mencoba untuk mengambil peran dalam mengajari orang lain yang belum pandai berhitung. Contoh lainnya, jika kita menyukai bahasa maka kita bisa mencoba untuk membaca buku bacaan yang bermanfaat. Jika kita sudah cukup mahir dan mempunyai pemilihan kata yang lebih baik dari orang kebanyakan, maka kita bisa mulai mencoba menulis. Kita bisa menulis pikiran kita kedalam tulisan ataupun menciptakan cerita fiksi atau fantasi yang bisa membawa pembaca terhanyut ketika membacanya. Alasan kenapa kita harus mengaktifasi otak kiri dengan cara tersebut dikarenakan otak kiri dianggap lebih baik untuk mengerjakan hal-hal yang melibatkan logika.

Dua hal diatas adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan kecerdasan otak dengan mengaktifkan otak kanan dan kiri. Hal tersebut bisa kita lakukan untuk menjadikan otak kita seimbang cara kerjanya dan menjadikan kita lebih terampil dan berkonsentrasi dalam melakukan sesuatu. Tentu saja kedua hal tersebut tidak harus dilakukan dalam waktu yang bersamaan, kita bisa melakukan hal yang kita sukai terlebih dahulu. Jika itu mengenai otak kanan, maka kita bisa mengerjakan hal-hal yang berkaitan dengan kreativitas. Tetapi, jika itu mengenai otak kiri, kita bisa mengerjakan hal-hal yang berkenaan dengan logika kita. 


=