Notification

×

Iklan

Iklan

Cara Belajar Bahasa Asing dengan Efektif

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 10/16/2021 03:53:00 PM WIB | Last Updated 2021-10-21T23:45:38Z



Karya Fatimah Suhaila Arsalia

Mahasiswa S1 Bahasa Inggris FKIP Uhamka

Pernahkah kalian menonton Anime atau K-Drama atau mendengar music bahasa asing dan mikir mau bisa berbahasa itu? Manusia dilahirkan dengan insting berbahasa. Otak kita secara alami terikat pada bahasa. Dan anda bisa belajar Bahasa apapun, kapanoun karena otak kalian memilki kemampu-an untuk memproses informasi rumit dari suara, gerakan dan konteks, dan kapasitas bahasa ini akan meluas sepanjang hidup. 

Memiliki kemampuan berbahasa asing merupa sebuah nilai tambahan, apalagi jika kemampuan terse-but bisa membantu mondorong karir. Kalian tidak perlu repot-repot ke negara tujuan untuk dapat mempelajari bahasanya. Saat ini, informasi gampang sekali kita bisa akses dengan internet, kita bisa belajar bahasa asing dengan apps, penerjemah, flashcard online dan ebooks. Kini, tinggal menye-rahkan kembali dari diri anda untuk memanen kemudahan ini. 

Namun, belajar bahasa perlu perencanaan yang matang dan strategi jitu. Tidak seperti ilmu eksak, tidak ada metode universal dalam mempelajari sebuah bahasa. Yuk di bawah ini ada tips and triks yang bisa membantu kalian belajar bahasa asing.

Komitmen 

Ketika mempelajari bahasa apapun, komitmen adalah hal terpenting. Belajar bahasa merupakan se-buah proses yang cukup rumit dan berkelanjutan. Begitu anda sudah menetapkan niat belajar satu bahasa, berkomitmenlah dan konsisten dalam memjalaninya. Buatlah jadwal rutin untuk belajar. Dengan cara ini kalian bisa konsisten dengan pembelajaran kalian.

Catatan

Buatlah catatan kata-kata asing yang kalian temui saat membaca atau mendengar dan temukan artinya. Kemudian tempel kata-kata tesubut pada jendela, lemari, cermin atau apapun yang biasa kalian lihat untuk menanmkan kata-kata tersebut dalam pikiran.

Aktif dan jangan takut untuk berbicara

Cari teman yang juga sedang belajar atau lancar dengan bahasa yang kalian pelajari. Coba saling ngobrol secara langsung atau situs jejaring sosial. Salah satu cara untuk meraih kefasihan suatu baha-sa asing adalah banyak latihan berbicara. Sangat penting untuk kalian agar aktif belajar bahasa asing dengan percakapan, jangan ragu untuk mempraktikkan bahasa yang sedang dipelajari. 

Tonton, Dengar dan Pelajari

Menonton film atau acara di televisi juga bisa menjadi salah satu cara untuk mempelajari bahasa. Ca-rilah acar-acar televisi dalam bahasa yang sedang kalian pelajari dan tonton sesering mungkin. Seper-ti RM BTS, dia dapat mempelajari Bahasa Inggris dengan menonton sitcom “Friends” Ia memulai nonton series tersebut dengan subtitle korea kemudian mengubahnya ke subtitle inggris dan setelah itu tidak pake subtitle. Kalian bisa mendengarkan bagaimana kata diucapkan dan bahkan menemukan kota kasa baru.

Pakai terus

Selamat, jika kalian sudah menguasai bahasa asing. Namujn ada yang kalian enggak boleh dilupa-kan, yaitu pakai terus bahasa tersebut. Yam au berbicara, menulis, mengginakan grammar yang benar, update jika ada perkembangan kosa kata dan lain sebagainya. Guru saya bilang saat libur pun kita harus menggunakan bahasa yang dipelajari karena jika tidak, maka skill bahasa tersebut akan menurun, jadi kaku bahkan hilang. Jadi kalau udah menguasai bahasa asing jangan lupa di pakai ter-us. Dan terakhir, jangan takut salah!


=